Daftar Bisnis Sampingan dengan Memanfaatkan Subsidi Gaji Rp600 Ribu

    Ilham wibowo - 07 September 2020 12:47 WIB
    Daftar Bisnis Sampingan dengan Memanfaatkan Subsidi Gaji Rp600 Ribu
    Ilustrasi. Foto: Antara/Aprilio Akbar
    Jakarta: Bantuan subsidi gaji sebesar Rp600 ribu per bulan bagi tenaga kerja bergaji di bawah Rp5 juta bisa dimanfaatkan untuk memunculkan sumber pendapatan baru yang dikerjakan secara sampingan. Alternatif bisnis yang menguntungkan di kala pandemi covid-19 bisa jadi pilihan.

    Perencana keuangan Mike Rini Sutikno mengatakan bahwa sebelum memanfaatkan bantuan Rp600 ribu tersebut untuk memulai bisnis baru ada baiknya mengecek kembali pengeluaran. Apabila pengeluaran tersebut bisa diatasi sepenuhnya hanya dari gaji, bisnis sampingan dari dana hibah penggunanya akan lebih leluasa.

    "Hati-hati jangan sampai terima Rp600 ribu langsung buat jajan karena berasa ada rezeki nomplok," kata Mike kepada Medcom.id, Senin, 7 September 2020.

    Sejauh ini, pandemi covid-19 cenderung akan membawa pada dampak krisis ekonomi yang cukup panjang masih perlu dipertimbangkan. Mempersiapkan finansial secara mandiri jadi pilihan terbaik apabila perusahaan yang menjadi naungan mata pencaharian, kondisinya juga tengah tertekan.  

    "Tidak boleh bergantung pada gaji kita saja, harus ada sumber pendapatan lain karena yang namanya perusahaan tempat kita bekerja tidak ada kepastian bahwa kita akan terus bekerja di situ selamanya. Jangan-jangan besok kena PHK, atau besok kena covid-19 sehingga kita kehilangan kemampuan bekerja," ungkapnya.

    Ide bisnis bisa dimulai dengan modal minim seperti olahan masakan atau camilan, serta fesyen. Mike menuturkan bahwa penerima subsidi Rp600 ribu bisa memanfaatkan dananya untuk mengelola bisnis yang perputaran uangnya cepat.

    "Bisa dimulai dengan cepat di rumah, tidak butuh modal besar dan bisa gunakan peralatan apa saja di rumah agar menciptakan alternatif pemasukan," ujarnya.

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id