Erick Thohir Utamakan Penanganan Kesehatan Ketimbang Ekonomi

    Suci Sedya Utami - 11 September 2020 12:23 WIB
    Erick Thohir Utamakan Penanganan Kesehatan Ketimbang Ekonomi
    Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: dok Kementerian BUMN.
    Jakarta: Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Erick Thohir mengatakan penanganan kesehatan harus diutamakan ketimbang ekonomi.

    Hal tersebut ia katakan saat memberikan orasi ilmiah dalam acara dies natalis Unpad ke 63 tahun. Dirinya mengatakan dalam peta jalan komite yang ia pimpin pun kesehatan menjadi kunci dengan semboyan utama Indonesia sehat yakni memastikan rakyat aman dari covid-19. Barulah di step selanjutnya Indonesia bekerja dan Indonesia tumbuh.

    "Karena itu hal pentng yang harus ditangani lebih awal adalah kesehatannya terlebih dahulu, baru kita bicara mengenai ekonomi," kata Erick, Jumat, 11 Setember 2020.

    Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini berpendapat tidak mungkin mengharapkan pertumbuhan ekonomi yang tinggi jika permasalahan kesehatan dari virusnya tidak diselesaikan.

    Erick mengatakan penanganan kesehatan bisa dilihat dri tren tingkat penyembuhan covid-19 yang kata dia Indonesia lebih baik dibanding rata-rata negara di dunia. Bahkan Indonesia lebih baik dibanding dengan Amerika Serikat. Rasio kesembuhan Indonesia dan AS berbanding 71,19 persen dan 58,72 persen.

    Namun pekerjaan rumah yang masih harus dilakukan yakni memperkecil tingkat kematian (fatality rate) yang masih tinggi yakni 4,08 persen, lebih tinggi dibanding rata-rata dunia yang sebesar 3,24 persen. Ia bilang banyak orang kehilangan sanak saudara yang tercinta, bahkan dunia telah kehilangan banyak tokoh dan dan pemikir besar yang tidak mudah digantikan.

    "Karea itu fatality jadi hal yang penting buat kita bersama-sama memfokuskan. Ini tidak mungkin sukses kalau enggak kita lakukan bersama antara pemerintah dan juga rakyat Indonesia," tutur Erick.

    Oleh karenanya, protokol kesehatan harus selalu diterapkan dan tingkatkan seperti menggunakan masker, mencuci tangahn, menjaga jarak harus menjadi prioritas. Selain itu menyemprot disinfektan, testing, tracing, treatment juga dilakukan bersamaan dengan langkah pemerintah yang juga memberikan bantuan produktif untuk masyarakat yang membutuhkan.

    (AHL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id