Khofifah: Transformasi Digital Bantu Memulihkan Ekonomi

    Amaluddin - 23 Oktober 2020 20:00 WIB
    Khofifah: Transformasi Digital Bantu Memulihkan Ekonomi
    Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat pelantikan Dekranasda Jatim di Grand City Surabaya. Foto dok: Pemprov Jatim.
    Surabaya: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jatim segera melakukan literasi digital secara masif untuk mempercepat transformasi digital khususnya bagi UMKM di Jatim. Transformasi digital diyakini Khofifah cara untuk memulihkan ekonomi di tengah pandemi ini.

    "Saya ingin tegaskan bahwa transformasi digital adalah sebuah kebutuhan bagi pemulihan ekonomi kita. Bukan semata-mata karena covid-19, tetapi sekali lagi merupakan  kebutuhan," kata Khofifah, di sela pelantikan Dekranasda Jatim di Grand City Surabaya, Jumat, 23 Oktober 2020.

    Melalui transformasi digital, Khofifah berharap bisa membuka peluang dan kesempatan bagi produk-produk UMKM Jatim, termasuk aneka produk Kriya Jatim dengan varian luar biasa. Dengan demikian pasarnya semakin kuat, baik di kancah nasional maupun internasional, terlebih bisa menjadi ajang untuk memamerkan originalitas produk suatu daerah.

    "Di lapangan sangat banyak produk-produk yang punya daya saing tinggi. Jika ditambah narasi atau story, maka tentu akan lebih kuat lagi nilainya," kata Khofifah.

    Dengan transformasi digital, lanjut Khofifah, salah satu upaya mengenalkan potensi daerah semakin gencar. Sehingga, langkah tersebut diyakini mampu berseiring dengan meluaskan akses pasar yang lebih luas. "Kalau kita terus menemukenali lebih banyak, Insyaallah akses pasar bisa kita bangun lebih luas lagi," tambahnya.

    Untuk itu, Khofifah berpesan kepada seluruh pengurus Dekranasda se-Jatim agar mempersiapkan diri guna mendorong upaya Pemprov Jatim menyisir potensi-potensi di daerah.

    "Dengan begini nanti kita bangun konektivitas lebih luas dengan diaspora dan kamar dagang dari berbagai negara. Kita memang sudah harus meluaskan produk-produk masyarakat Indonesia, bukan hanya Jatim," ujarnya.

    Ketua Dekranasda Jatim Arumi Bachsin menyampaikan betapa pentingnya bagi UMKM Jatim turut serta dalam transformasi di era digital. Kata Arumi, sangat merugi jika UMKM Jatim tidak bisa memanfaatkan kesempatan yang ada saat ini, untuk pengembangan daya saing UMKM Jatim baik di kancah nasional maupun internasional.

    "Bu Gubernur sangat menekankan digitalisasi sekarang bukan hanya karena ada covid, tetapi juga menjadi sebuah kebutuhan. Maka itu, kami bekerja sama dengan 11 OPD Pemprov Jatim, diharapkan komposisi pengurus yang baru bisa melaksanakan tugas dengan lebih ke depan," kata istri Wagub Jatim Emil Elistianto Dardak ini.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id