comscore

Jalin Sukses Catatkan Pertumbuhan Dua Digit Sepanjang 2021

Husen Miftahudin - 19 Mei 2022 20:31 WIB
Jalin Sukses Catatkan Pertumbuhan Dua Digit Sepanjang 2021
Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Jakarta: Perusahaan pengelola layanan jaringan switching LINK/ATM LINK, PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin), berhasil mencatatkan pertumbuhan double digit sepanjang 2021. Pendapatan usaha perusahaan meningkat lebih dari 45 persen (yoy) lewat kontribusi pertumbuhan usaha layanan switchingmanaged services, dan pengembangan bisnis digital.
 
Selama masa pandemi covid-19, Jalin juga berhasil memperluas market share usaha lewat penambahan 10 member baru baik dari sektor perbankan maupun fintech sampai akhir 2021 lalu.
 
Direktur Utama Jalin Boyke Yurista menyatakan pandemi memberikan optimisme, karena digitalisasi mampu menjadi penggerak utama dalam masa penanganan covid-19 dan pemulihan kondisi ekonomi nasional.
 
"Dengan pola perilaku masyarakat saat ini yang sudah mulai beralih kepada transaksi digital, Jalin terus berupaya meningkatkan inovasi produk dan layanan untuk terus menggenjot pertumbuhan yang dituangkan dalam roadmap The National Digital Highway," ujar Boyke dalam keterangan tertulis, Kamis, 19 Mei 2022.
 
Berdasarkan laporan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada akhir 2021, jumlah pembayaran yang beredar mencapai 813,14 juta. Angka tersebut tumbuh sebesar 26,3 persen.
 
Menurut Boyke, laporan tersebut merefleksikan pertumbuhan bisnis Jalin sebagai lembaga Penyelenggara Infrastruktur Sistem Pembayaran (PIP) sangat kompetitif dalam mengambil market share domestik dengan proporsi lebih dari 30 persen dibandingkan dengan kompetitornya.
 
Hal ini juga mendorong pertumbuhan laba bersih perusahaan yang mencapai 50 persen dan peningkatan EBITDA sebesar 15 persen dengan kelolaan total aset meningkat hingga 25 persen (yoy) selama 2021.
 
"Perusahaan secara konsisten menerapkan strategi pemulihan yang terukur dan terarah dengan para member sebagai dampak dari pandemi covid-19 ini. Jika dilihat dari tahun 2019-2021, perusahaan telah mencatatkan pertumbuhan positif sebesar lebih dari 20 persen secara CAGR," tambah Boyke.
 
Menurutnya, aspek penguatan fundamental menjadi fokus perseroan selama 2021 juga terlihat dari raihan opini auditor terhadap laporan kinerja keuangan audited yakni Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Auditor menyatakan laporan keuangan Jalin pada 2021 telah disajikan secara wajar dalam semua hal yang material.
 
Dalam menghadapi perkembangan dan sesuai dengan roadmap Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025, lanjutnya, Jalin turut mengambil peran dalam mendukung percepatan digitalisasi sistem pembayaran lewat penguatan infrastruktur, inovasi produk, serta peningkatan fitur keamanan dalam bertransaksi layanan keuangan yang ditawarkan kepada seluruh member.
 
Hal ini dilakukan Jalin agar nantinya seluruh nasabah perbankan maupun fintech dapat merasakan kemudahan transaksi keuangan secara aman, nyaman, dan praktis.
 
"Kami mengambil peran sebagai digital enabler yang menghubungkan masyarakat dengan layanan ekosistem keuangan dan non keuangan. Dengan merangkul serta berkolaborasi dengan seluruh member, ekosistem yang kami tawarkan akan memberikan nilai tambah tidak hanya dari segi efisiensi akan tetapi kesempatan untuk setara di dalam pengembangan usaha bagi seluruh member," tutup Boyke.

(HUS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id