comscore

Legislator Minta Kasus Robot Trading Ilegal Ditangani Serius

Antara - 11 April 2022 17:53 WIB
Legislator Minta Kasus Robot <i>Trading</i> Ilegal Ditangani Serius
Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Jakarta: Anggota Komisi VI DPR Intan Fauzi meminta pemerintah serius menyelesaikan kasus robot trading ilegal. Dalam hal ini, ia meminta Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) menciptakan ekosistem sistem keuangan digital yang dapat berjalan dengan baik dan tidak merugikan masyarakat.

"Perkembangan dunia digital sangat cepat sehingga perlu mengejar infrastruktur dan menyiapkan regulasi yang jelas untuk robot trading agar yang legal tidak terbentur aturan," kata Intan lewat keterangan resminya, Senin, 11 April 2022.
Intan mengatakan maraknya perdagangan, investasi, dan pinjaman yang bersifat daring perlu diantisipasi Bappebti agar tidak merugikan masyarakat. Menurut dia, masyarakat harus teredukasi dengan baik sehingga paham perusahaan robot trading legal dan ilegal, agar ekosistem keuangan digital Indonesia berjalan dengan baik

Ia pun mengingatkan agar Indonesia tidak boleh ketinggalan dengan ekosistem trading yang berkembang seperti kripto, Non-Fungible Token (NFT), dan metaverse, sehingga tidak tertinggal yang menyebabkan pihak asing hanya menjadikan Indonesia sebagai pasar saja. "Pemerintah perlu tanggap dan responsif," tegasnya..

Intan mengatakan bahwa peran Bappebti diperlukan dalam mencegah, mengawasi, dan menutup robot trading ilegal. Pengawasan dan evaluasi secara reguler bukan hanya meminimalisasi risiko kerugian masyarakat, namun agar tercipta ekosistem trading yang sehat.

Pada kesempatan berbeda, anggota Komisi VI DPR Herman Khaeron menyampaikan bahwa Bappebti seharusnya memiliki instrumen pengawasan yang memadai. Ia juga meminta Bappebti agar lebih gencar memberikan edukasi.

Bappebti, menurut dia, seharusnya proaktif mengumumkan kepada publik, perusahaan robot trading mana saja yang ilegal sehingga masyarakat tidak terjebak dan dirugikan.

"Masyarakat harus diingatkan dan diedukasi pentingnya memahami memilih investasi yang prudent. Bappebti juga harus membuka hotline sebagai sumber informasi dan pengaduan," katanya.

Ia menambahkan bahwa kemampuan dan profesionalitas Bappebti harus ditingkatkan sejalan dengan terus berkembangnya jenis investasi yang ditawarkan secara digital.


(HUS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id