comscore

LPEI Gandeng Bank Mandiri Dorong Ekspor Nasional

Eko Nordiansyah - 14 Januari 2022 14:48 WIB
LPEI Gandeng Bank Mandiri Dorong Ekspor Nasional
Ilustrasi kegiatan ekspor. Foto: MI/Ramdani
Jakarta: Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/Indonesia Eximbank menggandeng PT Bank Mandiri (Persero) Tbk untuk menggali potensi kerja sama di tahun ini. Kerja sama kedua pihak dimaksudkan guna mendorong peningkatan ekspor nasional sebagai salah satu motor perekonomian.

Sebagai Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan, LPEI telah menjalin kerja sama finansial maupun nonfinansial dengan Bank Mandiri. Dari sisi finansial, yaitu layanan transaction banking dan Penjaminan Korporasi Pemerintah (Jaminah), sementara dari sisi non-finansial bekerja sama melakukan talent exchange development program.
"Di 2022 kami ingin melanjutkan dan bahkan memperluas kerja sama bisnis dengan Bank Mandiri melalui pembiayaan buyer’s credit, penjaminan dan asuransi ekspor," kata Direktur Eksekutif LPEI Rijani Tirtoso dalam keterangan tertulis, Jumat, 14 Januari 2022.

Dari sisi nonbisnis, Rijani mengungkapkan, LPEI juga ingin mengolaborasikan program jasa konsultasi yang dimiliki dengan program dari Bank Mandiri. Dengan begitu, ia berharap, peningkatan eksportir baru dapat semakin terakselerasi.

Kedua institusi ini sebelumnya sudah menjalin kerja sama di antaranya transaction banking (Mandiri cash management) yang mendukung transaksi ekspor di era digital. Selain itu program Penjaminan Pemerintah dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) senilai Rp1,8 triliun per Desember 2021.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi dan Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Rohan Hafas turut menyambut baik pertemuan dan peluang kerja sama antar kelembagaan ini. Terlebih sebagai upaya untuk mendukung keberlanjutan pemulihan ekonomi nasional.

LPEI sebelumnya mencatat mampu mengakselerasi pembiayaan hingga Rp84 triliun, Penjaminan termasuk PEN sebesar Rp13 triliun, Asuransi Rp11 triliun, serta penciptaan eksportir baru dan enam Program Desa Devisa dengan 27 desa binaan. Bagi negara, LPEI telah menghasilkan kontribusi PNBP sebesar Rp1,4 triliun selama periode 2010 hingga 2021.

Atas pembiayaan yang disalurkan pada 2021, LPEI memiliki development impact seperti peningkatan investasi 2,5 kali atau Rp212 triliun, peningkatan PB sebesar 2,5 kali atau senilai Rp211 triliun, peningkatan ekspor hingga 3,6 kali atau senilai Rp302 triliun, dan penyerapan tenaga kerja mencapai 51 orang per Rp1 miliar pembiayaan yang disalurkan LPEI.

(DEV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id