Jiwasraya Putra Sudah Dapat Investor Baru

    Suci Sedya Utami - 01 April 2020 11:32 WIB
    Jiwasraya Putra Sudah Dapat Investor Baru
    Anak usaha Jiwasraya, yakni Jiwasraya Putra telah mendapatkan investor. Foto: MI/Ramdani
    Jakarta: PT Asuransi Jiwasraya (Persero) masih memproses aksi bisnis jual beli anak perusahaannya yakni PT Jiwasraya Putra. Perseroan sudah menetapkan investor baru untuk menambah likuiditas di perusahaan tersebut.

    "Mengenai Jiwasraya Putra sudah dalam proses, kami sampaikan sudah ada pemenangnya," kata Direktur Utama Jiwasraya Hexana Tri Sasongko dalam virtual conference, Selasa, 31 Maret 2020.

    Namun demikian Hexana belum bisa menyampaikan secara detail. Ia bilang saat ini masih dalam tahap finalisasi perjanjian penjualan dan pembelian bersyarat atau conditional sales and purchasing agreement (CSBA).

    Dalam finalisasi tersebut. pihaknya harus menyelesaikan masalah administrasi. Ia menjanjikan akan menyelesaikan dalam waktu dua hingga tiga bulan ke depan.

    "Semua aksi korporasi tidak bisa di-declare sampai sign, itu protokol haru kami hormati tapi intinya pemenaang sudah ada tinggal selesaikan masalah administrasi. Kami diberi waktu untuk selesaikan sampai masalah administrasi," jelas Hexana.

    Sebelumnya, Manajemen Jiwasraya menargetkan hasil penawaran investor terhadap anak usaha Jiwasraya Putra akan diterima pada minggu pertama Januari 2020.

    Melalui slide pemaparan manajemen yang disampaikan kepada Komisi VI yang dikutip Medcom.id, dijelaskan bahwa Jiwasraya Putra merupakan anak usaha yang akan dibentuk Jiwasraya.

    Pendirian anak usaha tersebut diharapkan akan memperbaiki likuiditas seerta rasio profitibilitas perusahaan. Dana dari investor akan membantu masalah yang dialami asuransi pelat merah itu yang sedang sakit akibat gagal bayar klaim nasabah produk saving plan.

    Melalui pembentukan anak usaha ini, Jiwasraya mengundang investor untuk masuk. Jiwasraya menjajakan sebagian besar saham yang dimiliki di Jiwasraya Putra yakni sebesar 60 persen kepada investor.

    Sementara sisa saham lainnya masih akan dipegang oleh beberapa perusahaan BUMN seperti PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN), PT Telkomsel, PT Pegadaian (Persero), dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI.

    Adanya investor di dalam bisnis Jiwasraya Putra bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dari sisi modal, manajemen, infrastruktur, dan teknologi informasi.

    "Jiwasraya akan melakukan divestasi 60 persen saham Asuransi Jiwasraya Putra yang dikuasai Asuransi Jiwasraya kepada investor strategis," tulis manajemen dalam presentasi.



    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id