Legislator Minta Pertamina Atasi Kelangkaan Solar di Sumbar

    Antara - 03 Maret 2021 09:45 WIB
    Legislator Minta Pertamina Atasi Kelangkaan Solar di Sumbar
    Ilustrasi. FOTO: Dok MI/PANCA SYURKANI



    Padang: Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) asal Sumatra Barat (Sumbar) Guspardi Gaus meminta PT Pertamina (Persero) mengatasi kelangkaan bahan bakar jenis solar di daerah tersebut. Hal itu penting guna menopang kebutuhan sehari-hari masyarakat setempat.

    "Kelangkaan solar belakangan ini sangat sering terjadi di Sumbar padahal solar sudah merupakan kebutuhan dasar masyarakat. Pemerintah harusnya turun tangan dalam mengatasi masalah ini," kata dia, dilansir dari Antara, Rabu, 3 Maret 2021.

     



    Menurut dia, Pertamina harus bertanggung jawab terhadap pasakon dan ketersediaan solar untuk kebutuhan masyarakat serta menjamin kelangkaan tidak akan terjadi lagi. "Kelangkaan solar tersebut tentu akan berdampak negatif dan menimbulkan kerugian bagi masyarakat karena solar sudah merupakan kebutuhan dasar dalam menggerakan ekonomi," kata dia.

    Ia berpandangan akibat dari kelangkaan solar tidak hanya kerugian waktu karena menunggu pasokan dan antrean tapi juga mengganggu aktivitas dan produktivitas masyarakat. Dirinya mengingatkan Pertamina jangan sampai kelangkaan solar ini menimbulkan keresahan dan kegaduhan karena bahan bakar jenis solar diperuntukkan bagi masyarakat banyak.

    "Pertamina harus segera turun tangan dan bertanggung jawab mengatasi kelangkaan solar yang sudah menjadi kebutuhan masyarakat ini," ujarnya.

    Guspardi berharap Pertamina melakukan penelusuran apakah kelangkaan bahan bakar jenis solar itu karena adanya permainan dan peyelewengan di lapangan. Selain itu harus diwaspadai para spekulan yang bisa saja memanfaatkan keadaaan dengan aksi penimbunan solar ini jelas motifnya keuntungan semata.

    "Harus diungkap dan bahan bakar bersubsidi termasuk jenis solar juga tidak boleh dijual untuk masyarakat yang menggunakan jeriken atau sejenisnya atau melayani pelanggan yang datang secara berulang ataupun mobil yang sudah dimodifikasi tanki dengan dua hingga tiga kali lipat," pungkas dia.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id