Pulihkan Ekonomi, 870 Ribu Pelanggan PLN di NTB Nikmati Stimulus

    Antara - 14 Oktober 2020 09:30 WIB
    Pulihkan Ekonomi, 870 Ribu Pelanggan PLN di NTB Nikmati Stimulus
    Ilustrasi. FOTO: MI/MOHAMAD IRFAN
    Mataram: Sebanyak 870.790 pelanggan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) di Nusa Tenggara Barat (NTB) menikmati stimulus pada September 2020. Hal itu dalam rangka membantu pemulihan perekonomian selama pandemi covid-19.

    "Jumlah tersebut terdiri atas berbagai macam segmentasi tarif dan juga pemberian stimulus yang berbeda pada masing masing tarif," kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB Lasiran, dikutip dari Antara, Rabu, 14 Oktober 2020.

    Ia menyebutkan untuk pelanggan rumah tangga subsidi daya 450 volt ampere (VA), stimulus diberikan berupa pembebasan tagihan rekening listrik dan juga token listrik gratis. Sedangkan pelanggan rumah tangga subsidi daya 900 VA memperoleh potongan harga pembayaran (diskon) tagihan listrik sebesar 50 persen.

    Kedua segmentasi tarif tersebut adalah untuk masyarakat yang nomor induk kependudukannya terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial di Kementerian Sosial. Lasiran menambahkan untuk pelanggan tarif sosial, bisnis dan industri, jenis pemberian stimulus yang diberikan oleh pemerintah adalah berupa program keringanan pembayaran listrik.

    Keringanan itu yaitu pembebasan rekening minimum dan biaya beban atau abonemen, mulai tagihan rekening listrik pada Juli sampai dengan Desember 2020. Adapun pemerintah menyadari bahwa dampak yang ditimbulkan akibat pandemi sangat luar biasa kepada masyarakat, terutama di bidang ekonomi.

    "Kami berharap pemberian stimulus tersebut dapat mempercepat proses pemulihan ekonomi dan membantu meringankan beban masyarakat," katanya.

    Sementara itu, Steven, pemilik Lombok Exotic, salah satu toko oleh-oleh yang berlokasi di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, mengungkapkan terima kasihnya kepada pemerintah terkait dengan stimulus tersebut.

    "Dengan adanya program tersebut, akan sangat membantu saya dan bagi rekan rekan yang lain juga. Semoga dengan adanya stimulus covid-19 itu, kita bisa sama sama lebih maju, bisa survive dengan kondisi pandemi saat ini," tuturnya.

    Sementara, General Manager Sudamala Hotel and Villa Senggigi Lalu Ekhsan juga menyampaikan bahwa pihaknya sangat terbantu dengan adanya stimulus yang diberikan pemerintah melalui PLN.

    "Dari yang awalnya saya membayar Rp20 juta, lalu menjadi Rp12 juta di awal pandemi. Kemudian dengan adanya stimulus, kami hanya membayar sesuai dengan konsumsi listrik yang sebenarnya walaupun di bawah energi minimum," pungkasnya.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id