Ekspor Kosmetik Halal RI ke Malaysia Melonjak

    Ilham wibowo - 27 Oktober 2020 11:57 WIB
    Ekspor Kosmetik Halal RI ke Malaysia Melonjak
    Ilustrasi kosmetik lokal - - Foto: MI/ Tesa Oktiana Surbakti
    Jakarta: Penjualan produk kosmetik dan perawatan wajah halal buatan Indonesia ke Malaysia terus meningkat. Capaian tersebut mencerminkan produk halal dalam negeri mulai diterima di industri halal global.

    Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mendukung langkah PT Paragon Technology and Innovation (PTI) yang kembali melepas enam kontainer ekspor produk merek Wardah senilai Rp22,9 miliar. Ekspor tersebut merupakan kontainer ke-53 untuk produk yang menyasar segmen muslimah dan seluruhnya dikirimkan ke Malaysia.

    "Saya menyampaikan apresiasi terhadap PT Paragon Technology and Innovation yang mampu meningkatkan produknya ke pasar mancanegara walaupun sedang berada di tekanan pandemi dan perlambatan ekonomi dunia," ujar Agus melalui keterangan resmi, Selasa, 27 Oktober 2020.

    Agus menuturkan peluang ekspor produk kosmetik buatan Indonesia masih terbuka lebar di tahun mendatang. Hal tersebut lantaran permintaan dunia untuk produk kosmetik dan parfum pada 2019 tercatat sebesar USD82,40 miliar.

    Pada periode Januari-Agustus 2020, secara keseluruhan ekspor produk kosmetik Indonesia berhasil mencatatkan nilai ekspor USD135,67 juta. Negara tujuan ekspor utamanya yaitu Thailand dengan pangsa 18,89 persen dari total ekspor, lalu Singapura 16,58 persen.

    "Malaysia yang menjadi tujuan kontainer ekspor kali ini berada di posisi ke-3 dengan pangsa sebesar 10,71 persen. Selanjutnya diikuti Filipina 9 persen dan Jepang 6,04 persen," ujar dia.

    Agus mendorong perusahaan kosmetik lainnya di Indonesia yang punya inovasi produk untuk bisa melakukan ekspansi bisnis. Kemendag pun bakal memberikan pendampingan ihwal pemanfaatan kerja sama perdagangan di sejumlah negara mitra.

    “Diharapkan dengan pelepasan ekspor ini, produk kosmetik ini dapat dikenal tidak hanya pada kancah domestik, tapi juga pasar internasional,” ungkap Mendag.

    Chief Executive Officer (CEO) Paragon Grup Harman Subakat menuturkan pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu dan kualitas produk kosmetik halal. Perluasan pasar bakal terus dilakukan secara global.


    “Pelepasan ekspor ke Malaysia ini merupakan bentuk dukungan pemerintah terhadap perusahaan lokal. Hal ini membuat kami semakin optimistis untuk membuka pasar mancanegara lainnya dan terus berkontribusi dalam perekonomian Indonesia," kata Harman.   

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id