2021, Produksi Minyak Sawit Diprediksi Melonjak

    M Iqbal Al Machmudi - 05 Februari 2021 09:02 WIB
    2021, Produksi Minyak Sawit Diprediksi Melonjak
    Ilustrasi. FOTO: MI/Aries Munandar



    Jakarta: Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Joko Supriyono memprediksi produksi minyak sawit pada 2021 bisa mencapai 49 juta ton untuk Crude Palm Oil (CPO) dan 4,65 juta ton untuk Palm Kernel Oil (PKO). Artinya totalnya mencapai 53,65 juta ton.

    "Meski pandemi belum berakhir, produksi minyak sawit Indonesia 2021 akan naik signifikan karena pemeliharaan kebun yang lebih baik, cuaca yang mendukung, dan harga yang menarik sehingga diperkirakan mencapai 49 juta ton untuk CPO dan 4,65 juta ton untuk PKO," kata Joko, dilansir dari Mediaindonesia.com, Jumat, 5 Februari 2021.






    Selain itu dengan komitmen pemerintah untuk melanjutkan program B30, konsumsi biodiesel diperkirakan sebesar 9,2 juta kiloliter yang setara dengan delapan juta ton minyak sawit. Penggunaan sawit untuk oleokimia di 2021 diperkirakan sekitar dua juta ton untuk domestik dan sekitar 4,5 juta ton untuk ekspor.

    Sementara permintaan minyak nabati dunia akan sangat tergantung dari keberhasilan vaksin covid-19. Keberhasilan program vaksin akan meningkatkan aktivitas ekonomi sehingga akan meningkatkan konsumsi minyak nabati termasuk minyak sawit.

    "Peningkatan permintaan bisa diperkirakan karena banyak negara dengan alasan ekonomi terpaksa lebih terbuka. Ekspor minyak sawit Indonesia diperkirakan meningkat di 2021 baik volume maupun nilainya," ujar Joko.

    Untuk faktor yang diperkirakan mengganggu permintaan antara lain berjangkit kembalinya covid-19 di Tiongkok maupun negara lain, dan juga berjangkitnya African Swine Fever yang mengganggu permintaan oilseed dan oilmeal yang pada akhirnya akan mengganggu permintaan minyak nabati termasuk minyak sawit.

    Untuk produksi pada 2020 untuk CPO 47 juta ton, sedangkan PKO 4,5 juta ton sehingga totalnya 51,5 juta ton.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id