comscore

Mendag: Sejumlah Harga Bahan Pokok Sudah Mulai Turun

Husen Miftahudin - 18 Januari 2022 19:18 WIB
Mendag: Sejumlah Harga Bahan Pokok Sudah Mulai Turun
Menteri Perdagangan M Lutfi. Foto: MI/Abdullah
Jakarta: Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menyebutkan sejumlah harga kebutuhan pokok saat ini sudah mulai mengalami penurunan. Sebelumnya, pada Natal dan Tahun Baru (Nataru) kemarin sejumlah bahan pokok seperti cabai, telur, dan minyak goreng mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan.

"Kalau kita lihat memang telur, daging ayam, minyak goreng memang harganya tinggi. Kemudian cabai rawit merah dan daging sapi menjadi driven daripada kenaikan harga di Nataru kemarin," ujar Lutfi dalam konferensi pers virtual, Selasa, 18 Januari 2022.

 



Namun demikian, saat ini harga-harga kebutuhan pokok tersebut sudah mulai turun. Harga cabai rawit merah misalnya, dari yang sebelumnya mencapai lebih dari Rp100 ribu per kilogram, kini hanya sebesar Rp75 ribu per kilogramnya.

Kemudian telur, sambung Lutfi. Sebelum akhir tahun, harga telur mencapai Rp32 ribu per kilogram. Saat ini harga telur berada di kisaran Rp19 ribu hingga Rp20 ribu per kilogramnya.

"Jadi sudah turun signifikan dibandingkan dengan harga-harga pada saat akhir tahun lalu. Kalau (penurunan harga) telur karena kita melihat bahwa di farm gate sekarang sudah turun kembali seperti sebelum Nataru kemarin," jelasnya.

Lutfi menjelaskan bahwa kenaikan harga sejumlah bahan pokok di penghujung 2021 terjadi karena para petani dan peternak sengaja menaikkan harga. Pasalnya pada momen Lebaran tahun ini, harga bahan-bahan pokok tersebut justru stagnan dan cenderung mengalami penurunan akibat belum pulihnya permintaan masyarakat.

"Jadi itu mereka cuma mencoba mencari keuntungan sedikit. Jadi kita mau bilang bahwa biarlah petani-petani kita mengambil keuntungan sedikit di kala itu," pungkas Lutfi.

(DEV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id