comscore

Kemitraan Ritel-UMKM Jadi Momentum Pembinaan Kualitas Produk

Nia Deviyana - 11 November 2021 14:03 WIB
Kemitraan Ritel-UMKM Jadi Momentum Pembinaan Kualitas Produk
Ilustrasi UMKM kain batik - - Foto: dok Pertamina
Jakarta: Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berharap kemitraan antara toko ritel dengan UMKM semakin terjalin baik, utamanya di masa pandemi covid-19.

Menurutnya, keberadaan toko ritel tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai akses pasar, tetapi juga pembinaan untuk meningkatkan kualitas produk UMKM. 
 
"Kemitraan ini yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan daya saing UMKM karena di sini kita bisa melakukan pembinaan terhadap branding, packaging, manajemen pemasaran, manajemen logistik sehingga produk UMKM bisa dikenal masyarakat dan mampu bersaing di pasar," ujarnya dalam webinar Hari Ritel Nasional, Kamis, 11 November 2021.
 
Airlangga menuturkan kontribusi sektor ritel di perdagangan besar maupun eceran, sangat besar. Berdasarkan data BPS,  pusat perbelanjaan dan toko swalayan pada 2020 tercatat sebanyak 2.133 unit. 
 
"Besarnya jumlah ritel tersebut menunjukkan besarnya peranan ritel dalam perekonomian nasional serta guna memenuhi kebutuhan konsumen," imbuhnya.
 
Airlangga menyadari pandemi covid-19 yang terjadi sejak awal 2020 menjadi pukulan keras bagi industri ritel dan UMKM. Dia bilang, pemerintah berkomitmen untuk menjaga dan mendukung keberhasilan dan keberlangsungan usaha ritel melalui berbagai insentif seperti PPh pasal 21, PPh 22 impor, PPh pasal 25, restitusi PPN, dan PPN ditanggung pemerintah, terutama untuk sewa. 
 
"Guna mendorong ekonomi lebih lanjut pemerintah juga telah berkomitmen untuk melanjutkan program PEN di 2022 sebesar Rp321 triliun, diharapkan ini bisa menjaga penanganan kesehatan dan daya beli masyarakat," pungkasnya.
(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id