Banyak Kendala, Investasi Sektor Minerba Masih Jauh dari Target

    Suci Sedya Utami - 07 Juni 2021 19:12 WIB
    Banyak Kendala, Investasi Sektor Minerba Masih Jauh dari Target
    Ilustrasi. Foto: dok.MI



    Jakarta: Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara (Ditjen Minerba) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan hingga Mei 2021 realisasi investasi minerba baru mencapai USD1,34 miliar.

    Dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR RI, Direktur Jenderal Minerba Ridwan Djamaluddin mengatakan pada tahun ini investasi di sektor minerba ditargetkan sebesar USD5,89 miliar.

     



    Ia mengatakan terdapat beberapa kendala yang dihadapi dalam implementasi investasi di sektor ini. Beberapa kendala antara lain izin pinjam pakai kawasan hutan, kesesuaian tata ruang, dan kondisi pasar karena belum ada pembeli, karena kontrak belum tuntas.

    "Ada juga kendala pembebasan lahan karena merupakan lahan adat, konflik sosial dan ada juga cuaca hujan dan covid-19," kata Ridwan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 7 Juni 2021.

    Namun demikian, Ditjen Minerba tetap memberikan dukungan pada badan usaha atau perusahaan untuk meningkatkan investasi antara lain dengan memfasilitasi penyusunan informasi peluang investasi, melakukan market sounding, harmonisasi dan lain sebagainya.

    Pada 2021, sektor minerba memiliki empat kegiatan prioritas. Pertama dari regulasi, direncanakan ada empat kebijakan yang akan terbit yang mengatur tentang Kebijakan Percepatan Peningkatan Nilai Tambah Batubara dan Rencana Produksi dan Pemanfaatan Mineral dan Batubara Untuk Kebutuhan Domestik.
     
    Kedua adalah monitoring pembangunan fasilitas pengolahan pemurnian mineral atau smelter dalam negeri yang menargetkan 23 smelter dapat beroperasi di 2021.
     
    Kemudian, optimalisasi PNBP subsektor minerba, serta pengawasan dan penilaian reklamasi pascatambang yang berbasis teknologi.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id