comscore

Terima Bantuan Rp1,2 Juta dari Airlangga, PKL di Medan Semringah

Al Abrar - 09 September 2021 18:10 WIB
Terima Bantuan Rp1,2 Juta dari Airlangga, PKL di Medan Semringah
Sahar, pedagang susu kedelai di Medan, Sumatra Utara menerima bantuan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Istimewa
Medan: Sahar, pedagang susu kedelai di Medan, Sumatra Utara tampak bahagia menerima bantuan langsung tunai senilai Rp1,2 juta. Ia menerimanya langsung dari Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Kamis, 9 September 2021.

Sahar tampak semringah. Tangannya yang memegang undangan untuk mengambil bantuan langsung tunai diterimanya dari aparat kepolisian Babinkamtibmas yang mendatanya.
Sahar juga sempat berbincang oleh Airlangga dan Menteri Keuangan, Sri Mulyani. "Pak Airlangga tanya penjualan sekarang di masa pandemi, sama sebelum-sebelum. Saya bilang ya, jauh merosot sejak pandemi ini, 50 persen mengurangi pendapatan," ujar Sahar.

Sebelum pandemi, Sahar mengaku bisa menjual 300 bungkus susu kedelai. Sekarang 200 paling banyak, "Kadang cuma serimpul (150)," katanya.

Awalnya Sahar mengaku mendapat form pendataan online yang ia isi. Kemudian Sahar dihubungi oleh pihak kepolisian dan didata. Sahar tak tahu kapan bantuan akan cair, namun pada surat yang ia pegang, ia diminta datang ke Polres Medan. 

"Saya diminta hubungi kepolisian untuk informasi selanjutnya," kata Sahar.

Baca: Hore! Pemerintah Mulai Salurkan Bantuan Rp1,2 Juta bagi PKL hingga Warung

Sahar sangat bersyukur bahwa pemerintah memberi perhatian pada pedagang kecil sepertinya yang memang ikut terdampak pandemi covid 19. "Harapannya sih, ya mudah-mudahan bisa rutin atau berkelanjutanlah bantuannya selama PPKM ini belum berakhir," ujar Sahar.

Pemerintah mulai menyalurkan bantuan tunai senilai RP 1,2 juta bagi pedagang kaki lima (PKL). Uji coba penyaluran Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) telah disesuaikan agar tidak tumpang tindih dengan program lain. Karena selama ini sudah ada Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT Tunai UMKM yang disalurkan Kementerian Koperasi dan UMKM. 

Airlangga menjelaskan, secara nasional bantuan tunai untuk kaki lima dan warung yang disalurkan oleh TNI dan Polri ini, jumlahnya satu juta pedagang, dengan nilai bantuan Rp1,2 juta, sehingga total dana  yang disediakan Rp1,2 triliun.
 
"Hari ini, sesuai arahan Bapak Presiden, uji coba di Kota Medan. Alhamdulillah, dari Polri sudah menyiapkan sistem dan tadi dilihat langsung oleh Bu Menteri Keuangan juga dan kepala BPKP, sehingga sistem ini diharapkan bisa berjalan baik," ujar Airlangga.


(ALB)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id