Tarik Investor, Pemerintah Perlu Bangun Infrastruktur Digital

    Annisa ayu artanti - 12 September 2020 13:44 WIB
    Tarik Investor, Pemerintah Perlu Bangun Infrastruktur Digital
    Ilustrasi - - Foto: Medcom
    Jakarta: Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Doddy Rahadi menilai pemerintah perlu menyiapkan infrastruktur digital untuk menarik minat investor asing.

    Implementasi industri 4.0 tersebut merupakan langkah strategis dalam membangkitkan aktivitas sektor manufaktur di dalam negeri. Terutama pada fase menghadapi kebiasaan baru dalam kondisi pandemi covid-19.

    "Saat ini, semakin banyak industri skala besar maupun sedang di tanah air yang tengah menyiapkan strategi mengadopsi teknologi digital untuk memasuki era industri 4.0," kata Doddy dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 12 September 2020.

    Menurutnya, transformasi ke arah Industri 4.0 merupakan indikasi yang baik bagi sektor industri. Pembangunan infrastruktur digital pun menjadi bagian yang vital dalam menarik minat investor untuk membangun pabriknya di suatu kawasan industri.

    "Oleh karena itu, perusahaan pengelola kawasan industri perlu menyediakan sarana prasarana dan fasilitas yang mendukung perkembangan teknologi di era digital ini, sesuai kebutuhan para investor, salah satunya adalah ketersediaan jaringan koneksi dan fasilitas digital yang mendukung," jelasnya.

    Doddy menambahkan salah satu perusahaan yang mulai siap menerapkan infrastruktur digital adalah PT Jababeka Tbk. Adapun beberapa fasilitas yang telah dimiliki Kawasan Industri Jababeka, antara lain tersedianya jaringan fiber optic di sebagian besar wilayah kawasannya.

    Ke depan, perusahaan ini menargetkan dapat memberikan layanan pembuatan smart factory bagi investor yang ingin membangun pabrik di kawasannya dengan menerapkan konsep industri 4.0.

    "Kami telah melihat kesiapan kawasan industri milik PT Jababeka Tbk di Cikarang dalam bertransformasi menerapkan industri 4.0," tutur Doddy.

    Direktur PT Jababeka Tbk, Hyanto Wihadhi mengatakan, penerapan teknologi industri 4.0 bisa berjalan optimal seiring peluncuran peta jalan Making Indonesia 4.0.

    "Sebab, teknologi industri 4.0 memberikan kemudahan akses digital secara real time serta meningkatkan produktivitas dan kualitas produk yang dihasilkan oleh perusahaan-perusahaan yang bernaung dalam kawasan yang dikelola oleh kami,” ungkapnya.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id