4 Saran Budi Hartono Tekan Laju Covid-19

    Nia Deviyana - 13 September 2020 11:55 WIB
    4 Saran Budi Hartono Tekan Laju Covid-19
    Pengusaha Budi Hartono. Tatler Indonesia
    Jakarta: Pengusaha Budi Hartono menilai rencana kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total di DKI Jakarta mulai 14 September 2020 tidak tepat. Menurut dia PSBB total akan semakin memberikan tekanan pada ekonomi.

    Selain itu, pemulihan ekonomi dan kesehatan publik adalah dua hal yang harus dijaga. Orang terkaya di Indonesia ini pun memberikan empat rekomendasi untuk mengendalikan laju peningkatan covid-19, khususnya di DKI Jakarta.

    Pertama, pemberian sanksi atas tidak disiplinnya sebagian kecil masyarakat dalam kondisi new normal. Tugas atau sanksi memberikan hukuman tersebut adalah tugas kepala daerah dalam hal ini Gubernur DKI Jakarta.

    "Jadi jangan karena membesarnya jumlah kasus infeksi covid-19 kemudian Gubernur mengambil satu keputusan jalan pintas yang tidak menyelesaikan sebenarnya," kata dia dalam surat terbuka yang diunggah pengusaha Peter Gontha di laman instagramnya, dikutip Medcom.id, Minggu, 13 September 2020.

    Kedua, Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat harus bersama-sama meningkatkan kapasitas isolasi masyarakat. Contoh kontainer ber-AC di tanah kosong sehingga tidak melebihi kapasitas ICU di Jakarta.

    Ketiga, pemerintah harus melaksanakan tugas dalam hal testing, isolasi, tracing, dan treatment. Sejauh ini masih banyak kekurangan di bidang testing dan contact tracing.

    Keempat, perekonomian harus tetap dijaga sehingga aktivitas masyarakat yang menjadi motor perekonomian dapat terus menjaga kesinambungan kehidupan bermasyarakat hingga pandemi berakhir.

    Budi menilai PSBB yang tidak efektif berpotensi melawan keinginan masyarakat yang ingin menjalani kehidupan new normal dengan menerapkan protokol kesehatan.

    "Masyarakat lebih takut kehilangan pekerjaan dan pendapatan serta kelaparan dibanding penularan covid-19," pungkasnya.

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id