Terhambat Covid, Konstruksi Smelter Freeport Baru 5,86%

    Suci Sedya Utami - 27 Agustus 2020 12:59 WIB
    Terhambat Covid, Konstruksi <i>Smelter</i> Freeport Baru 5,86%
    Ilustrasi smelter - - Foto: Antara/ Muhammad Adimaja



    Jakarta: Progres pembangunan smelter yang dilaksanakan PT Freeport Indonesia (PTFI) baru mencapai 5,86 persen lantaran terhambat oleh pandemi covid-19. Pembangunan smelter tersebut berlokasi di Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Manyar, Gresik, Jawa Timur.

    Wakil Direktur Utama PTFI Jenpino Ngabdi mengatakan pembangunan fisik smelter mengalami keterlambatan dari target sebesar 10,5 persen hingga Juli 2020.






    "Akibat dampak covid ini berkontribusi kepada pencapaian di bawah target dari pembangunan smelter," kata Jenpino dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR RI, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 27 Agustus 2020.


    Ia menjelaskan progres yang telah selesai dilaksanakan yakni feasibility study (FS), front end engineering design (FEED), pematangan lahan yang terdiri dari pemasangan prefabricated vertical drain (PVD), prefabricated horizontal drain (PHD), serta earthwork general fill and surcharge layer.

    Sementara kontrak engineering procurement and construction (EPC) hingga kini belum dapat difinalisasi lantaran tersandung biaya dan waktu penyelesaian.

    "Vendor kami dan EPC kontraktor kami saat ini belum bisa finalisasi, mereka ada kendala akibat pembatasan negara karena wabah ini," tutur Jenpino.

    Hingga Juli, anggaran pembangunan smelter yang sudah dicairkan sebesar USD290 juta dengan kebutuhan investasi mencapai USD3 miliar. Smelter ini ditargetkan beroperasi pada kuartal keempat 2023 yang nantinya akan bisa menampung konsentrat tembaga sebesar dua juta ton per tahun.  


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id