Sri Mulyani Dorong Pemanfaatan Aset Negara untuk Bantu Penanganan Covid-19

    Eko Nordiansyah - 22 September 2020 10:42 WIB
    Sri Mulyani Dorong Pemanfaatan Aset Negara untuk Bantu Penanganan Covid-19
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto : Medcom.
    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mendorong pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN) untuk membantu penanganan covid-19. Menurutnya, pemanfaatan BMN pada kondisi saat ini menjadi penting agar tidak menjadi sia-sia.

    "Dalam kondisi penanganan covid saat ini, kita melihat banyak barang milik negara yang bisa dimanfaatkan secara optimal sebagai isolasi atau bahkan fasilitas observasi dan perawatan," kata dia dalam Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah 2020, Selasa, 22 September 2020.

    Saat ini sejumlah BMN yang dimanfaatkan untuk penanganan covid-19 di antaranya ada di Pulau Galang Batam, Wisma Atlet Kemayoran, dan Asrama Haji Pondok Gede. Penggunaan BMN ini sekaligus sebagai upaya pemanfaatan aset negara.

    "Kementerian dan pemerintah daerah diharapkan akan terus melakukan peningkatan pemanfaatan barang milik negara ini, sehingga dia tidak hanya berfungsi untuk pemerintahan namun juga berfungsi bagi masyarakat dan ekonomi," ungkapnya.

    Dalam Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) 2019 nilai aset tetap pemerintah mengalami kenaikan hingga 308 persen. Dari sebelumnya Rp1.931,05 triliun pada 2018, nilai aset tetap meningkat jadi Rp 5.949,59 triliun pada tahun lalu.

    "Artinya barang milik negara kita yang peningkatan nilainya menunjukkan adanya perubahan di dalam nilai pasar itu menggambarkan nilai dari upaya kita di dalam menggunakan keuangan negara secara bertanggung jawab," pungkas dia.


    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id