Upaya Pemerintah Supaya Ekonomi Segera Pulih di 2021

    Eko Nordiansyah - 06 Oktober 2020 16:36 WIB
    Upaya Pemerintah Supaya Ekonomi Segera Pulih di 2021
    Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu Febrio Kacaribu. Foto: Medcom.id/Husen Miftahudin
    Jakarta: Pemerintah menargetkan upaya pemulihan ekonomi dari dampak pandemi covid-19 bisa dicapai pada 2021. Upaya tersebut dimulai dengan menjaga agar kontraksi ekonomi pada tahun ini tidak melebihi target yaitu minus 1,7 sampai minus 0,6 persen.

    Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu mengatakan, kontraksi ekonomi pada kuartal II sebesar 5,32 persen cukup membebani. Pasalnya rata-rata pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah sebesar lima persen.

    "Kita lakukan supaya basis untuk tumbuh di 2021 itu cukup. Jangan sampai kita terlalu jauh terkoreksinya di 2020, sehingga 2021 kita tidak bisa pulih lebih cepat," kata dia dalam diskusi FMB9 'Bertahan dan Bangkit di Masa Pandemi' di Jakarta, Selasa, 6 Oktober 2020.

    Meski begitu, Indonesia tidak sendirian menghadapi perlambatan ekonomi di tahun ini sebab negara lain juga mengalami hal yang sama karena pandemi covid-19. Namun dibandingkan negara lain, perlambatan ekonomi Indonesia masih lebih baik.

    "Kalau perekonomian-perekonomian negara lain itu perlambatan perekonomian bisa sangat dalam. Contohnya yang paling dalam terakhir kita lihat India, yang hampir mencapai minus 24 persen, sementara Indonesia memang juga dalam," jelas dia.

    Untuk itu, ia menambahkan, pemerintah mendorong belanja negara sebagai countercyclical di masa pandemi ini. Karena hanya pengeluaran pemerintah yang bisa didorong tumbuh positif, sementara komponen perekonomian lainnya negatif.

    "Justru ketika ekonomi melambat, pada saat itu pemerintah harus hadir dengan pengeluaran pemerintah yang ekspansif. Kita push defisitnya sampai bahkan minus 6,34 persen. Ini adalah defisit yang terdalam sejak mungkin 1965-1966," pungkasnya.  
     

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id