Luhut: Wisata Alam Kita Lebih Indah dari Thailand, Tapi Kurang Menjual

    Husen Miftahudin - 27 November 2020 16:53 WIB
    Luhut: Wisata Alam Kita Lebih Indah dari Thailand, Tapi Kurang Menjual
    Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan investasi Luhut Binsar Pandjaitan - - Foto: Medcom/ Annisa Ayu
    Jakarta: Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan wisata alam dan petualangan yang dimiliki Indonesia nyatanya jauh lebih indah ketimbang Thailand. Namun karena kawasan wisata alam dan petualangan RI kurang tenar di mata dunia, terpaksa, Thailand yang menjadi jawaranya.

    Berdasarkan hasil studi yang dirangkum Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Thailand merupakan peringkat pertama di ASEAN sebagai negara dengan alam dan petualangan yang menakjubkan. Peringkat ini disematkan oleh World Economic Forum (WEF).

    "Saya cukup banyak keliling dunia. Apa yang kita lihat di Labuan Bajo, Mandalika, Bali, Danau Toba, itu tempat-tempat yang sangat indah sekali. Tapi kita kurang menjual karena banyak hal tadi, masalah infrastrukturnya, karena kurang keramahtamahan," ketus Luhut dalam Rapat Koordinasi Nasional Percepatan Pengembangan Lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yang disiarkan secara virtual, Jumat, 27 November 2020.

    Selain kalah di kategori kawasan wisata alam dan petualangan, Indonesia juga 'dikangkangi' Thailand di kategori belanja di mana Negeri Gajah Putih tersebut dinobatkan sebagai negara yang meraih hasil yang terbaik di ASEAN oleh CEO World.

    Pun demikian di bidang Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) di mana Thailand meraih peringkat pertama oleh Indonesia Contact Center Association (ICCA). Pada kategori kebudayaan dan kesehatan juga sama, Indonesia masih tertinggal jauh dari Thailand.

    "Kemudian kuliner itu Filipina, masa kuliner kita kalah. Kuliner kita itu banyak macam ragamnya, tapi kita memang kurang mempromosikan," imbuhnya.

    Pada kategori hiburan juga demikian, Indonesia masih kalah dibandingkan negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Dalam kategori ini, Singapura yang menjadi juaranya.

    Negeri Singa itu meraih peringkat pertama di kawasan Asia Pasifik. Pun menjadi negara yang tertinggi di regional ASEAN. Pemeringkatan ini diberikan oleh Asia's Top 50 Bars.

    "Hasil studi yang dibuat oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini menjadi tantangan buat kita. Kita harus dapat menandingi negara-negara kompetitor kita di kawasan Asia Tenggara ini," tegas Luhut.  

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id