Top 5 Populer Sepekan, dari Harga Elpiji 3 Kg sampai Pinjaman Bank Dunia

    Nia Deviyana - 24 Januari 2021 14:01 WIB
    Top 5 Populer Sepekan, dari Harga Elpiji 3 Kg sampai Pinjaman Bank Dunia
    Gas Elpiji. Foto: Dok. Pertamina



    Jakarta: Berita ekonomi dari dalam negeri mendominasi kategori terpopuler dalam sepekan ini. Adapun yang paling disorot, yaitu harga untuk gas elpiji tabung 3 kilogram.

    Selanjutnya, berita terkait stok bawang putih yang mulai menipis, sehingga pemerintah akan mengeluarkan izin impor bawang putih.






    Tak ketinggalan, update mengenai vaksin covid-19.  PT Bio Farma (Persero) melaporkan telah berhasil memproduksi vaksin covid-19 sebanyak tiga juta dosis ke DPR.

    Di urutan keempat, berita terpopuler pekan ini datang dari Badan Geologi yang menemukan logam tanah jarang di Lumpur Lapindo. Logam tersebut dapat digunakan dalam pengembangan mobil listrik.

    Kemudian, RI yang kembali mendapat kucuran dana dari Bank Dunia sebesar Rp7,02 triliun.

    Medcom.id merangkum lima berita yang menjadi topik populer dalam sepekan. Rangkuman ini sebagai referensi bagi pembaca yang memantau isu ekonomi terkini.

    1. Ini Harga Patokan Elpiji 3 Kg yang Ditetapkan Pemerintah

    Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menetapkan harga patokan elpiji tabung 3 kilogram (kg) untuk 2020.
     
    Penetapan ini tertuang dalam Keputusan Menteri ESDM Nomor 253.K/12/MEM/2020 tentang Harga Patokan Liquefied Petroleum Gas Tabung 3 Kilogram. Aturan yang ditetapkan pada 22 Desember 2020 ini berlaku surut sejak 1 Januari 2020.
     
    Baca selengkapnya di sini.

    2. Stok Menipis, Pemerintah akan Keluarkan Izin Impor Bawang Putih?

    Pemerintah akan mengeluarkan izin impor bawang putih seiring menipisnya stok jenis komoditas tersebut. Sebab, kebutuhan bawang putih pada tahun ini mencapai 532 ribu ton sedangkan stok yang tersisa dari tahun lalu hanya sebesar 134 ribu ton.

    Baca selengkapnya di sini.

    3. Lapor ke DPR, Bio Farma Berhasil Produksi 3 Juta Dosis Vaksin Covid-19

    PT Bio Farma (Persero) melaporkan telah berhasil memproduksi vaksin covid-19 sebanyak tiga juta dosis. Vaksin tersebut sebelumnya merupakan bagian dari 15 juta vaksin yang diimpor dari Tiongkok dalam bentuk bahan baku atau bulk.

    Baca selengkapnya di sini.

    4. Badan Geologi Temukan Kandungan Logam Tanah Jarang di Lumpur Lapindo

    adan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menemukan potensi kandungan logam tanah jarang (rare earth) di lumpur Lapindo, Sidoarjo, Jawa Timur. Logam tersebut dapat digunakan dalam pengembangan mobil listrik.
     
    Kepala Badan Geologi Eko Budi Lelono mengatakan ada sembilan lokasi yang disurvei terkait komoditas mineral tersebut, salah satunya di lumpur Lapindo.

    Baca selengkapnya di sini.

    5. RI Dapat Pinjaman Rp7,02 Triliun dari Bank Dunia

    Indonesia memperoleh pinjaman sebesar USD500 juta atau setara Rp7,02 triliun (kurs Rp14.050) dari Bank Dunia. Pinjaman ini untuk memperkuat ketahanan keuangan dan fiskal Indonesia dalam menghadapi berbagai bencana.

    Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste Satu Kahkonen mengatakan pinjaman tersebut akan membantu pemerintah membangun dan memperkuat respons finansial terhadap bencana alam, risiko iklim, dan tantangan terkait kesehatan.

    Baca selengkapnya di sini.


     

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id