comscore

Mitra BUMDes Nusantara dan Intani Kolaborasi di Perdagangan Komoditas Pangan

Surya Perkasa - 18 Maret 2022 22:06 WIB
Mitra BUMDes Nusantara dan Intani Kolaborasi di Perdagangan Komoditas Pangan
Penandatanganan kerja sama oleh Direktur Utama PT MBN Wiyoto dengan Ketua Koperasi Produsen Agro Maritim Nusantara, Media Arief Rizki. Istimewa
Jakarta: PT Mitra Bumdes Nusantara (MBN) berkolaborasi dengan perkumpulan Insan Tani dan Nelayan Indonesia (Intani). BUMN yang sahamnya dipegang tujuh kementerian itu berniat mengembangkan sektor hilir komoditas pangan untuk ketahanan pangan nasional.

Intani akan bergerak bersama bersama MBN Badan Usaha Milik Intani (BUMI) Koperasi Produsen Agro Maritim Nusantara. Keduanya bakal membangun jaringan pemasaran produk pertanian, peternakan, dan perikanan.
Tahap awal dimulai dengan pembangunan Pusat Distribusi (Distribution Center) Mitra Nusantara - IntaniFresh di Depok, Jawa Barat. Direktur Utama MBN Wiyoto mengungkap kerja sama ini merupakan langkah awal untuk mengembangkan perdagangan pangan melalui jejaring Intani di wilayah Jabodetabek.

Produk beras petani, ikan, telur, dan sayuran masih menjadi komoditas prioritas yang diperdagangkan. MBN bakal menjadi off-taker produk petani untuk dipasarkan ke masyarakat. Sesuai dengan peran MBN yang selama ini membina petani dan UMKM untuk membantu memasarkan produk-produk desa ke kota.

“Sebelum di Depok kami kembangkan DC (pusat distribusi) di Tangerang,” kata Wiyoto dalam keterangan tertulis, Jumat, 18 Maret 2022.

Baca: Desa Peternakan Terpadu Diyakini Sokong Ketahanan Pangan Nasional

Ketua Umum Intani Guntur Subagja mengatakan kolaborasi dengan MBN merupakan upaya untuk membentuk ekosistem sektor pertanian dan perikanan terintegrasi. Intani berupaya membangun jejaring di hilir selain mengembangkan sektor hulu, seperti budidaya dan produksi.

“Kami memangkas rantai pasok yang panjang sehingga petani memperoleh keuntungan baik dan harga jual terjangkau di masyarakat,” papar Guntur Subagja.

Guntur menyebut kerja sama dengan MBN sangat strategis karena bersentuhan langsung dengan kepentingan petani dan kebutuhan masyarakat.

“Konsen kami meningkatkan kesejahteraan petani, peternak, dan nelayan serta menyediakan produk berkualitas yang terjangkau rakyat,” urainya.

Kolaborasi MBN Intani memasarkan produk-produk pertanian dan perikanan melalui ritel, agen, dan digital.

Baca: Mentan Pastikan Stok Pangan Aman Jelang Ramadan

Kerja sama keduanya disahkan lewat penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understading) oleh Direktur Utama PT MBN Wiyoto dengan Ketua Koperasi Produsen Agro Maritim Nusantara, Media Arief Rizki, pada Jumat, 18 Meret 2022. Penandatanganan kerja sama disaksikan Guntur dan Direktur Operasional MBN M Dradjad Asmara.

(SUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id