comscore

Menparekraf Ajak Pelaku Usaha Lokal Berani Kembangkan Potensi

Antara - 06 Juli 2022 12:43 WIB
Menparekraf Ajak Pelaku Usaha Lokal Berani Kembangkan Potensi
Menparekraf Sandiaga Uno. Foto: dok Kemenparekraf.
Bukittinggi: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengajak setiap pelaku usaha lokal agar berani tampil dan mengembangkan potensi produk mereka di program Kabupaten-Kota Kreatif.

"Bukittinggi memiliki banyak ekonomi kreatif kuliner dan juga fesyen, pariwisata Bukittinggi sudah sangat familiar. Beberapa kali kunjungan saya ke sini, memang Bukittinggi menjadi yang terdepan, banyak event yang dilaksanakan di Bukittinggi," katanya di Bukittinggi, dikutip Rabu, 6 Juli 2022.
Dia menyampaikan itu saat memberikan pelatihan kerja Kabupaten-Kota (KaTa) Kreatif di Bukittinggi, bersama Wali Kota Bukittinggi Erman Safar. Sejumlah peserta diberikan kesempatan untuk mempromosikan hasil produk mereka di Balairung rumah dinas Wali Kota Bukittinggi.

Menurut Sandiaga, ini menjadi waktu yang tepat bagi pelaku usaha ekonomi kreatif untuk memasarkan produk mereka yang tidak saja menguntungkan para pelaku usaha, namun juga akan berefek pada penambahan lapangan pekerjaan.

"Pembangunan ekonomi kreatif kita tidak bisa dibiarkan seperti sebelum pandemi, sekarang semua harus berinovasi dan beradaptasi dengan digitalisasi, saya bersama Pak Wali akan memimpin proses digitalisasi para pelaku ekonomi kreatif di Bukittinggi," katanya.

Dalam pelatihan KaTa Kreatif ini, diberikan fasilitas pelatihan pemasaran secara digital, salah satunya dengan foto booth.

"Karena dari data yang ada, produk yang telah di-endorse oleh Bapak Wali Kota dan saya pribadi, mengalami peningkatan penjualan 35-40 persen, mereka akan belajar membuat konten, bagaimana membuat produk lebih menarik, di channel media, khususnya media sosial," ujarnya.
 
Baca juga: Neraca Perdagangan Produk Ekraf Surplus 60% di Kuartal I


Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar mengapresiasi perhatian Kemenparekraf, untuk membangkitkan usaha ekonomi kreatif. Karena perkembangan teknologi, harus diadaptasi oleh pelaku usaha, agar pemasaran dari produk mereka semakin berkembang

"Kegiatan yang dilaksanakan kementerian ini, merupakan kegiatan yang sangat kami harapkan, karena kalau Bukittinggi saja yang mempromosikan, mungkin jangkauannya tidak terlalu jauh, tapi Alhamdulillah hari ini ada lokakarya kreatif yang diberikan oleh kementerian," katanya.

Ia meyakini kegiatan ini mampu memperluas jaringan pasar untuk seluruh produk yang dibuat di Bukittinggi. "Terima kasih pada Bang Sandi, terima kasih pada Kementerian," katanya.

(HUS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id