comscore

Masih Tertinggal, RI Perlu Genjot Pengembangan Bisnis UMKM

Husen Miftahudin - 26 Januari 2022 14:04 WIB
Masih Tertinggal, RI Perlu Genjot Pengembangan Bisnis UMKM
Ilustrasi. FOTO: MI/ADAM DWI
Jakarta: Indonesia perlu mendorong pengembangan bisnis para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) guna meningkatkan rasio kewirausahaan. Pasalnya, rasio kewirausahaan Indonesia masih jauh tertinggal dibandingkan dengan negara-negara ASEAN seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencatat pada 2021 rasio kewirausahaan Indonesia baru 3,55 persen. Jumlah tersebut masih di bawah Thailand maupun Malaysia yang sudah lebih dari empat persen.
"Bahkan Singapura telah mencapai 8,7 persen. Sedangkan negara-negara maju lainnya sudah lebih dari 12 persen," ucap Founders IdeaCloud Hermanto Tanoko, dalam siaran persnya, Selasa, 25 Januari 2022.

Hermanto mengungkapkan sebenarnya Indonesia memiliki potensi dan peluang yang besar untuk meningkatkan skala bisnis para pelaku usaha. Sayangnya, masih banyak pelaku usaha yang belum memiliki pengetahuan dan pengalaman yang cukup dalam berusaha.

Terkait hal tersebut, IdeaCloud membantu pelaku usaha mengembangkan bisnis para pelaku usaha di Tanah Air. Hal itu bertujuan untuk menciptakan satu juta entrepreneur sukses di Indonesia, sehingga turut berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi domestik.

Dalam hal ini, IdeaCloud menggelar IC Incubator sebagai pelatihan bisnis. Pelatihan bisnis ini diadakan selama tiga bulan secara intensif yang membahas mulai dari aspek goals and direction, operational excellence, effective selling, financial happiness, sampai membantu para peserta membangun super team dan mengoptimalkan digital marketing.

Para peserta IC Incubator nantinya juga dapat memanfaatkan jejaring bisnis yang dimiliki IdeaCloud, mulai dari vendor untuk memenuhi kebutuhan bisnis sampai jaringan penjualan. IdeaCloud juga menyediakan bantuan permodalan melalui IC Ventures.

Diterangkan lebih lanjut bahwa IdeaCloud merupakan entrepreneur ecosystem yang dibentuk untuk mendukung seluruh aspek pengembangan bisnis. Termasuk soal pendanaan, yang seringkali menjadi kendala utama bagi para pelaku usaha dalam mengembangkan bisnisnya.

"IC Incubator merupakan salah satu komitmen IdeaCloud dalam membangun ekonomi nasional melalui penciptaan dan pengembangan entrepreneur baru di Tanah Air. Sebab jumlah wirausaha dibandingkan dengan jumlah penduduk di Indonesia masih cukup timpang," pungkas Hermanto.

 

(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id