comscore

Digitalisasi Jadi Kunci Akselerasi Pertumbuhan UMKM

Husen Miftahudin - 26 Desember 2021 17:48 WIB
Digitalisasi Jadi Kunci Akselerasi Pertumbuhan UMKM
Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Jakarta: Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) mendorong para pelaku UMKM untuk melakukan adaptasi, transformasi, entrepreneurship, serta kolaborasi agar dapat bertahan menghadapi tantangan di era disrupsi. Terpenting adalah digitalisasi, karena dapat menjadi media akselerasi bagi pertumbuhan UMKM di Indonesia.

"Pada masa depan UMKM Indonesia adalah pelaku usaha yang memiliki jiwa entrepreneurship berbasis digital. Hal ini tidak mudah, tantangan yang dihadapi UMKM terutama datang dari sisi produk maupun SDM," kata Kabid Jaringan Pemasaran Usaha Mikro Kemenkop dan UKM Boni Suganda dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 26 Desember 2021.
Selain itu, lanjutnya, upaya untuk meningkatkan literasi masuk ke ekosistem digital dan inkubasi untuk mengakselerasi kesiapan UMKM perlu dilakukan secara intensif. Untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan sinergitas dan kolaborasi antar stakeholder.

Terkait hal itu, Boni mengapresiasi peran marketplace Ralali.com dalam mendukung pengembangan UMKM yang berbasis digital dengan memberikan akses informasi dan literasi digital.

"Ralali.com juga melakukan transfer teknologi bagi para pelaku UMKM agar dapat terhubung dalam ekosistem digital" tutur Boni.

Sementara itu, CEO dan Founder Ralali.com Joseph Aditya menekankan bahwa pihaknya berkomitmen untuk memberikan kontribusi nyata bagi para pengusaha UKM Indonesia. Untuk itu, Ralali.com berinisiatif untuk memberikan tinjauan terbaik bagi para pengusaha UKM Indonesia dalam menghadapi tantangan bisnis di tahun 2022 mendatang.

"Ralali.com juga memberikan solusi dan strategi yang tepat untuk mempersiapkan para pelaku UKM memasuki pasar digital lewat acara UKM Outlook 2022 dengan tema Laju Bisnisku, Maju Indonesiaku," jelas dia.

Melalui UKM Outlook 2022, Ralali.com mendorong kesiapan kualitas UKM Indonesia untuk menghadapi peta tantangan dan peluang berbisnis di 2022 mendatang. Dengan adanya kegiatan ini, pelaku usaha dapat bersiap diri untuk cepat beradaptasi dengan strategi terbaik menghadapi tahun 2022.

"Ke depannya, Ralali.com akan terus berkolaborasi untuk menyelenggarakan pelatihan online dalam bentuk webinar yang berkesinambungan, sehingga diharapkan dapat memberikan dampak positif dengan berperan aktif dalam empowerment UKM Indonesia naik kelas," pungkas Joseph.

(DEV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id