RUU Ciptaker Bisa Buat UMKM Naik Kelas

    Eko Nordiansyah - 25 Juni 2020 11:42 WIB
    RUU Ciptaker Bisa Buat UMKM Naik Kelas
    UMKM. Foto : MI/Adam.
    Jakarta: Kondisi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) saat ini masih terkesan jalan di tempat. Pembahasan Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja (Ciptaker) diharapkan bisa mendongkrak UMKM berkembang atau naik kelas.

    "Sejak 12 tahun lalu saat lahir UU 20 Tahun 2008 tentang UMKM, persoalan yang dihadapi UMKM masih sama dan belum terselesaikan. Jadi, sejauh mana ketajaman RUU Cipta Kerja ini nanti bisa melihat dan menyelesaikan persoalan UMKM," kata Ekonom Universitas Padjajaran Ina Primiana, Kamis, 25 Juni 2020.

    Dia mencontohkan dalam proyek pengadaan barang milik pemerintah, UMKM perlu dilibatkan. Mereka bisa terlibat dalam proyek skala besar.

    "UMKM ini diberi kesempatan saja agar berkembang. Ambil contoh di perjanjian pengadaan barang pemerintah, e-catalog itu coba lihat isinya barang impor semua. Pemerintah harus mulai gunakan barang UMKM," imbuh Ina.

    Ina mengatakan ada tren deglobalisasi melanda dunia. Sejak 2008 hingga 2018 perkembangan globalisasi stagnan di angka 55 persen hingga 60 persen. Pasalnya, negara-negara di dunia mulai menggunakan bahan baku industri dari dalam negeri.

    Tren ini harus dijadikan peluang dan kesempatan bagi Indonesia untuk mengurangi impor. Dan mengarahkan UMKM menjadi pemasok bahan baku bagi industri yang lebih besar.

    Ina mendorong agar RUU Cipta Kerja tidak lagi mengatur hal normatif. Lebih jauh mengatur hal konkret terkait rencana aksi pemerintah dalam memajukan sektor UMKM.

    "Yang urgent bagaimana 90 persen dari sektor informal itu bisa tumbuh, berkembang dan naik kelas. Sudah banyak UU yang lalu terbukti tidak mampu selesaikan persoalan UMKM. Fokus RUU Cipta Kerja ke sana saja. Jadi tidak lagi mengatur hal normatif," pungkasnya.




    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id