BI Ingatkan Pemprov Sumut Jaga Ketahanan Pangan

    Antara - 27 Juni 2020 12:03 WIB
    BI Ingatkan Pemprov Sumut Jaga Ketahanan Pangan
    Ilustrasi. FOTO: MI/USMAN ISKANDAR
    Medan: Bank Indonesia mengingatkan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk menjaga dan meningkatkan ketahanan pangan guna mengantisipasi lonjakan harga di era normal baru. Langkah itu juga diperlukan agar stok pangan tetap terjaga demi menekan sejumlah risiko yang bisa muncul kapan saja.

    "Pada era normal baru diprediksi permintaan berbagai barang termasuk bahan pangan meningkat. Kondisi itu mengancam terjadi lonjakan harga khususnya kalau bahan pangan tidak mencukupi," ujar Kepala BI Kantor Perwakilan Sumut Wiwiek Sisto Widayat, seperti dikutip dari Antara, di Medan, Sabtu, 27 Juni 2020.

    Menurut dia lonjakan harga otomatis mendorong inflasi dan kalau inflasi naik signifikan bisa mengganggu pertumbuhan ekonomi. Apalagi, ujar Wiwiek, selain bahan pokok, permintaan tiket penerbangan dan kamar hotel pada era normal baru diprediksi juga menguat sehingga bisa menaikkan harga jual.

    "Lonjakan inflasi di era normal baru yakni memasuki semester II harus diantisipasi. Apalagi saat ini, kenaikan harga obat-obatan masih terus membayangi kenaikan inflasi," katanya.

    Kalau harga bahan pokok bisa dikendalikan maka BI masih optimistis inflasi sepanjang 2020 bisa berada di rentang target yang diperkirakan sebesar 2,6-3 persen secara year on year (yoy). Dia mengakui, prediksi inflasi di Sumut pada 2020 yang 2,6-3 persen lebih tinggi dari 2019 yang mencapai 2,33 persen.

    Dirinya menjelaskan inflasi pada 2020 didorong kenaikan harga obat-obatan, tiket pesawat dan termasuk sebelumnya gula, ayam ras dan bawang merah. "Era normal baru akan menggerakkan oerekonomian Sumut sehingga selain perlu menguatkan sektor ril dan UMKM dan stabilitas sistem keuangan, juga perlu penguatan ketahanan pangan," pungkas Wiwiek.

    (ABD)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id