Kendala Ratusan Desa Tak Tersentuh Listrik

    Suci Sedya Utami - 03 April 2020 20:36 WIB
    Kendala Ratusan Desa Tak Tersentuh Listrik
    Ilustrasi - - Foto : MI/Irfan.
    Jakarta: Pemerintah mencatat sebanyak 433 desa di wilayah timur Indonesia belum teraliri listrik. Kendala utama wilayah itu akibat infrastruktur yang belum memadai serta rawan.

    "Ada terkendala infrastruktur, bagaimana bisa masuk dan memetakan lokasinya sehingga tersisa 433 ini. Kemudian juga sektor keamanan daerah-daerah rawan," kata Menteri ESDM Arifin Tasrif dalam virtual conference, Jumat, 3 April 2020.

    Arif mengungkapkan pemerintah perlu mengidentifikasi energi yang bisa dijadikan sumber bagi pembangkit di daerah tersebut. Saat ini, Indonesia punya banyak alternatif sumber energi terbarukan.

    "Indonesia punya banyak alternatif sumber energi terbarukan," ungkap dia.

    Presiden Joko Widodo sebelumnya meminta Kementerian ESDM dan PT PLN (Persero) mengidentfikasi wilayah yang belum menikmati listrik. Desa tersebut tersebar di empat provinsi, yaitu yaitu Papua sebanyak 325 desa, Papua Barat sebanyak 102 desa, Nusa Tenggara Timur (NTT) ada lima desa, dan Maluku satu desa.

    "Saya minta diidentifikasi secara jelas desa mana yang berdekatan dengan desa yang berlistrik. Desa mana yang jaraknya rumah antar penduduk berjauhan dan berdekatan sehingga kita dapat menentukan strategi pendekatan teknologi yang tepat," kata Jokowi.

    Dia bilang ada dua opsi yang telah disiapkan pemerintah yakni, membuat ekstensi jaringan listrik dan membangun mini grid seperti pembangkit listrik tenaga diesel.

    "Atau bisa distribusi tabung listrik yang dilengkapi dengan stasiun pengisian," imbuh dia.



    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id