Program Kartu Prakerja Dibuka Kembali Akhir Juli 2020

    Ilham wibowo - 13 Juli 2020 19:00 WIB
    Program Kartu Prakerja Dibuka Kembali Akhir Juli 2020
    Ilustrasi. Foto: Istimewa
    Jakarta: Program kartu prakerja dijadwalkan bakal kembali digulirkan mulai akhir Juli 2020. Kelanjutan program tersebut menyusul penerbitan Perpres Nomor 76 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Perpres Nomor 36 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja melalui Program Kartu Prakerja.

    “Komite mengharapkan agar batch IV dapat segera dibuka pada akhir Juli 2020 dengan rencana kuota mencapai 500 ribu peserta yang memberi prioritas pada pekerja terdampak berdasarkan data whitelist dari Kementerian Ketenagakerjaan," kata Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso di Gedung Ali Wardhana Jakarta, Senin, 13 Juli 2020.

    Susiwijono menuturkan, bahwa penguatan program akan ditambah dengan pelatihan tatap muka yang dijadwalkan mulai berjalan pada Agustus 2020. Meski demikian, pelatihan tatap muka langsung ini hanya berlaku di zona hijau pandemi covid-19 dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

    "Selanjutnya, komite juga mengharapkan agar pelatihan offline dapat segera dibuka pada pertengahan Agustus 2020 pada daerah yang sudah memungkinkan dengan memperhatikan sejumlah protokol kesehatan dan physical distancing,” paparnya.

    Susi mengakui program kartu prakerja sempat dihentikan sementara untuk dilakukan penyempurnaan terkait masalah akuntabilitas tata kelola program. Masukan dari masyarakat serta instansi pemerintah seperti KPK, Kejagung, Polri, BPKP, dan LKPP telah ditampung dalam regulasi baru.  

    "Sesuai arahan para pimpinan kita program ini tetap harus berjalan terutama bagi para pekerja yang terdampak signifikan," ujarnya.

    Dalam aturan baru program kartu prakerja, lanjut Susi, pesertanya akan diperluas seperti buruh yang terkena PHK, pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, termasuk pekerja atau buruh yang dirumahkan. Kemudian pekerja bukan penerima upah atau pelaku usaha mikro dan kecil.

    "Dengan Perpres baru ini kami harap pelaksanaan program berjalan lancar, mengingat batch selanjutnya sudah menunggu," pungkasnya.


    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id