comscore

Kadin: Stimulus Jadi Kunci Keberhasilan Pemulihan Ekonomi

M Ilham Ramadhan - 27 Januari 2022 21:22 WIB
Kadin: Stimulus Jadi Kunci Keberhasilan Pemulihan Ekonomi
Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid - - Foto: MI/ Susanto
Jakarta: Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid menuturkan implementasi dari kebijakan stimulus yang diberikan pemerintah menjadi kunci suksesnya pemulihan ekonomi. Menurutnya, kebijakan yang apik tak akan efektif tanpa implementasi yang baik.  

"Kebijakan yang sudah dibuat itu bagus, dari sisi fiskal sampai dengan sosial dan UMKM, hingga restrukturisasi kredit itu sudah bagus, yang menjadi concern saya adalah apakah implementasi itu terjadi sampai ke bawah," tuturnya dalam Media Group Network Summit 2022-Bangkit Bersama Maju Indonesia, Kamis, 27 Januari 2022.
Pelaku usaha, kata Arsjad, mengapresiasi dan mendukung kebijakan stimulus yang diambil pemerintah dalam menghadapi pandemi covid-19. Undang Undang Cipta Kerja, UU Harmonisasi Perpajakan, dan ragam turunannya yang telah disusun pemerintah dinilai dapat memperlancar laju perekonomian nasional.

Namun, dia menekankan pentingnya koordinasi dan sinergi antara pemerintah pusat dan daerah terkait pelaksanaan aturan tersebut. Arsjad mencontohkan, pelaporan yang dilakukan pelaku usaha di daerah-daerah acap kali tak tersampaikan ke pemerintah pusat.  

Akibatnya, pelaku usaha kerap terkendala dan dianggap tak mematuhi aturan yang berlaku. "Ini bisa menghambat produksi, dan bisa ada perusahaan yang dianggap tidak compliance, padahal dari sisi administrasi terpenuhi. Ini kalau bicara perizinan di daerah," urai Arsjad.

Kadin Indonesia, lanjutnya, sepenuhnya mendukung langkah pemerintah memajukan unit Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Karenanya Kadin membangun program pembinaan dan kemitraan dengan pelaku usaha di sektor tersebut.  Hal itu dilakukan agar investasi yang masuk ke Indonesia dapat dioptimalisasi dan dimanfaatkan oleh UMKM. Terlebih saat ini penanaman modal tak lagi terfokus di Pulau Jawa.  

"Supaya jangan sampai ketika investasi masuk dan ekosistem tidak ada, maka IKM dan UMKM mesti siap. Sekarang investasi masuk lebih banyak di luar Jawa, maka kita dorong UMKM di daerah. Ini penting. Eksekusi dan implementasi itu penting," pungkas Arsjad.


(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id