Populer Ekonomi: Kebakaran Kilang Balongan Jadi Sorotan

    Ade Hapsari Lestarini - 30 Maret 2021 07:53 WIB
    Populer Ekonomi: Kebakaran Kilang Balongan Jadi Sorotan
    Kilang Balongan Pertamina. Foto: dok Pertamina.



    Jakarta: Berita-berita terpopuler di kanal ekonomi Medcom.id didominasi seputar kebakaran kilang Balongan milik PT Pertamina (Persero).

    Kebakaran besar tersebut menjadi sorotan pembaca karena sempat dikhawatirkan berdampak pada pasokan bahan bakar minyak (BBM) ke masyarakat.






    Selain itu, berita terpopuler lainnya diramaikan oleh penggunaan Sinopharm untuk vaksinasi mandiri pada pertengahan April 2021. Serta mata uang yuan Tiongkok yang semakin terpuruk. Berikut lima berita terpopuler ekonomi yang menjadi sorotan pembaca pada Senin, 29 Maret 2021:

    1. Pertamina Butuh Lima Hari Normalkan Kilang Balongan yang Terbakar

    PT Pertamina (Persero) membutuhkan waktu sekitar lima hari untuk menormalkan kembali operasional Kilang Balongan di Indramayu, yang saat ini dihentikan (shutdown) akibat kebakaran di beberapa tangki penyimpanan BBM.

    Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan yang terbakar sebenarnya hanya tangki yang berada di area Kilang Balongan, namun bukan kilang (mesin pengolah minyak) secara keseluruhan. Namun demikian, untuk mengantisipasi agar api tidak menjalar ke area lain, maka perseroan langsung melakukan normal shutdown pada seluruh fasilitas kilang.

    Baca berita selengkapnya di sini

    2. Pertamina Bakal Tanggung Kerugian Warga Terdampak Kebakaran Kilang

    PT Pertamina (Persero) bakal menanggung kerugian masyarakat sekitar yang terkena dampak dari insiden kebakaran tangki di area Kilang Balongan, Indramayu, Jawa Barat.

    Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan sejauh ini kebakaran tersebut tidak menyebabkan kerusakan pada rumah warga yang tinggal di sekitar area kilang. Warga pun telah kembali ke rumah masing-masing kendati perseroan telah menyediakan fasilitas dievakuasi.

    Baca berita selengkapnya di sini

    3. Kadin: Sinopharm Digunakan untuk Vaksinasi Pertengahan April

    Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia sudah memastikan menggunakan vaksin Sinopharm untuk melaksanakan program vaksinasi April 2021.

    "Sinopharm (vaksin yang digunakan)," ungkap Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani kepada Medcom.id, Senin, 29 Maret 2021.

    Baca berita selengkapnya di sini

    4. Yuan Tiongkok Makin Terpuruk

    Kurs mata uang yuan Tiongkok kian terpuruk. Yuan melemah lagi 40 basis poin menjadi 6,5416 terhadap dolar AS pada perdagangan Senin. Menurut Sistem Perdagangan Valuta Asing China (CFETS), terpuruknya yuan memperpanjang penurunan untuk hari keempat berturut-turut.

    Baca berita selengkapnya di sini

    5. Hingga Akhir Panen Raya, Bulog Prediksi Punya Stok 1,4 Juta Ton Beras

    Perum Bulog memprediksi akan ada stok beras sebanyak 1,4 juta ton beras yang dimiliki sampai akhir panen raya pada Mei 2021. Saat ini stok yang sudah dimiliki oleh Bulog adalah satu juta ton.

    "Sampai Mei, stok yang kami kuasai akan ada tambahan sekitar 400 ribu ton, jadi totalnya 1,4 juta ton," kata Direktur Utama Bulog Perum Bulog Budi Waseso dalam video conference di Jakarta, Senin, 29 Maret 2021.

    Baca berita selengkapnya di sini

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id