Selain Otomotif, Sektor Ini Paling Getol Rekrut Karyawan Baru

    Husen Miftahudin - 22 April 2021 22:31 WIB
    Selain Otomotif, Sektor Ini Paling Getol Rekrut Karyawan Baru
    Ilustrasi. Foto: AFP



    Jakarta: Perusahaan penyedia informasi lowongan pekerjaan, Jobstreet Indonesia menyebut industri otomotif menjadi sektor yang paling 'getol' mencari karyawan baru. Perekrutan karyawan pada sektor ini mengalami kenaikan hingga 128 persen.

    "Industri otomotif kini mulai aktif mencari karyawan. Kemudian kedua telekomunikasi yang naik hingga 113 persen dan heavy industry (industri berat) naik 93 persen," kata Country Manager Jobstreet Indonesia Faridah Lim dalam Media Gathering Jobstreet secara virtual, Kamis, 22 April 2021.






    Menurutnya, hal ini terjadi seiring dengan geliat perekonomian nasional yang mulai membaik. Hal tersebut berkat upaya pemerintah yang 'jor-joran' memberikan insentif dan stimulus guna memulihkan perekonomian dalam negeri.

    Insentif dan stimulus yang diberikan berupa uang muka atau down payment (DP) nol persen untuk pembelian kendaraan bermotor. Hal ini pula yang membuat industri otomotif pulih dan tumbuh berkembang, sehingga banyak perusahaan otomotif yang merekrut karyawan baru.

    "Insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) telah menjadi salah satu opsi untuk menstimulasi permintaan kendaraan roda empat dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi," paparnya.

    Sektor selanjutnya adalah industri telekomunikasi yang mulai aktif mencari karyawan dan melakukan perekrutan secara agresif. Selama pandemi, industri telekomunikasi justru mencatatkan pertumbuhan 10 persen karena kebutuhan internet.

    "Kemudian industri berat. Padahal sebelumnya industri ini terpuruk, namun kini secara perlahan mulai kembali pulih dengan peningkatan pencari kerja mencapai 93 persen," jelas Faridah.

    Menurutnya, besarnya pembukaan lapangan pekerjaan tersebut sejalan dengan banyaknya karyawan yang sempat dirumahkan saat di awal pandemi. Perekrutan besar-besaran ini paling banyak pada spesialisasi pekerjaan yang sempat terpuruk, seperti sales dan marketing.

    "Spesialisasi accounting dan finance, komputer dan IT, serta administrasi juga termasuk kategori yang dicari perusahaan saat ini," pungkas Faridah.
     

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id