Perta Arun Gandeng TotalEnergies Manfaatkan Infrastruktur Gas sebagai Hub Bisnis LNG

    Suci Sedya Utami - 01 September 2021 21:30 WIB
    Perta Arun Gandeng TotalEnergies Manfaatkan Infrastruktur Gas sebagai Hub Bisnis LNG
    Ilustrasi kilang LNG - - Foto: AFP



    Jakarta: PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk melalui anak usahanya PT Perta Arun Gas (PAG) selaku operator Arun LNG Receiving, Regasification, dan Hub Terminal menandatangani perjanjian kerja sama dengan TotalEnergies terkait dengan pemanfaatan LNG Hub Arun pada 2021.
     
    Kerja sama ini merupakan salah satu dari pencapaian kerja sama lain yang telah terjalin antara Pertamina Group dan TotalEnergies dengan komitmen menggunakan Arun LNG Hub Tank untuk menyimpan komoditas portofolio LNG dari multisumber internasional sebagai bagian dari market strategi LNG global.

    PAG sebagai satu-satunya operator Pusat Logistik Berikat untuk komoditas LNG di Indonesia bekerja sama dengan TotalEnergies untuk pemanfaatan Arun sebagai Pusat LNG Hub Utama di Asia. Saat ini, Kilang Arun memiliki empat unit tangki LNG dengan total kapasitas 508 ribu m3 (masing-masing tangki 127 ribu m3) yang direncanakan akan digunakan untuk bisnis LNG Hub baik dari sumber domestik maupun internasional.

    Presiden Direktur Pertamina Arun Gas Arif Widodo menjelaskan TotalEnergies akan menggunakan dua unit LNG Tank dengan total kapasitas 207 ribu m3. "Kami siap menyambut pengapalan pertama dengan Kapal LNG Cubal dari Angola yang telah dijadwalkan pada awal September 2021," ujar Arif dalam keterangan resmi, Rabu, 1 September 2021.

     



    Selain ekspansi bisnis, kerja sama dengan TotalEnergies ini sejalan dengan visi Perta Arun Gas untuk menjadi perusahaan regasifikasi dan LNG Hub kelas dunia. Selain itu, menjadi strategi bagi Perta Arun Gas untuk terus mengembangkan bisnisnya.


    "Fokus pada kesepakatan ini, kami berencana untuk mengirimkan kapal dari portofolio LNG kami di Angola untuk disimpan di Arun LNG Hub sebelum mengirimkan kargo ke pelanggan. Kami juga sangat antusias untuk berkolaborasi PAG guna memaksimalkan strategi portofolio internasional kami," jelas Managing Director TotalEnergies Gas & Power Asia Private Limited Nic Poulteney.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id