Pemerintah Pecut Implementasi UU Cipta Kerja

    Husen Miftahudin - 15 September 2021 14:51 WIB
    Pemerintah Pecut Implementasi UU Cipta Kerja
    Ilustrasi aturan UU Cipta Kerja - - Foto: Medcom



    Jakarta: Pemerintah terus meningkatkan implementasi Undang-Undang (UU) Cipta Kerja guna mendorong pertumbuhan ekonomi pascapandemi covid-19. Melalui upaya tersebut, diharapkan penerapan tenaga kerja dan kesejahteraan masyarakat mengalami peningkatan.

    "Sebab akibat covid-19 terjadi peningkatan pengangguran dan kemiskinan. Pertumbuhan ekonomi juga diperlukan untuk program mengeluarkan Indonesia dari middle income trap dalam jangka menengah," ucap Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam UOB Economic Outlook 2022 secara virtual, Rabu, 15 September 2021.

     



    Airlangga menyebutkan bahwa dengan UU Cipta Kerja, pemerintah dapat mendorong reformasi struktural. Undang-undang ini memberikan kemudahan berusaha sehingga dapat meningkatkan iklim investasi, produktivitas, dan penciptaan lapangan kerja.

    "Salah satu implementasinya adalah sistem perizinan berusaha berbasis risiko atau Online Single Submission (OSS) yang telah diluncurkan pada 9 Agustus 2021 guna mendukung daya saing investasi Indonesia," paparya.

    Di sisi lain, pemerintah juga telah membentuk Investment Authority (INA) yang berperan dalam pengembangan peluang investasi di berbagai sektor. INA diyakini dapat menutup gap pembiayaan infrastruktur dan mendukung percepatan investasi, sehingga mendukung pembangunan berkelanjutan.

    Menurutnya, investasi yang dikelola INA diharapkan dapat meningkatkan produktivitas untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Pemerintah juga telah mengalokasikan modal tambahan sebesar Rp60 triliun di 2021 agar INA dapat melakukan investasi guna mendukung pertumbuhan ekonomi.

    "Pemerintah berkomitmen untuk terus memberikan upaya-upaya guna mempercepat pemulihan ekonomi nasional, dan tentunya ini membutuhkan dukungan dari seluruh stakeholder agar dapat menghadapi tantangan akibat pandemi covid-19," pungkas Airlangga.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id