Jateng Minta Pemkab Batang Kirim Data UMKM Terdampak PPKM

    Antara - 21 Juli 2021 19:35 WIB
    Jateng Minta Pemkab Batang Kirim Data UMKM Terdampak PPKM
    UMKM. Foto : MI/Hendrik.



    Batang: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah minta Pemerintah Kabupaten Batang mengirimkan data jumlah para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terdampak adanya peraturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat.

    Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Batang Subiyanto di Batang mengatakan bahwa permintaan pengiriman data para pelaku UMKM itu atas perintah langsung oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

     



    "Akan tetapi, kami belum mengetahui persis apa maksud dan tujuan permintaan data tersebut. Namun, yang jelas, kami sudah mengirimkan 1.000 pelaku UMKM ke Pemprov Jateng," katanya, dikutip dari Antara, Rabu, 21 Juli 2021.

    Ia mengatakan dengan adanya PPKM maka baik masyarakat maupun para pelaku UMKM merasakan dampaknya karena kegiatan atau aktivitas mereka ke luar rumah akan dibatasi.

    Oleh karena itu, kata dia, dirinya mengusulkan pada pemerintah agar para pelaku UMKM tetap beroperasi tetapi tidak boleh berkerumun sebagai upaya menahan laju penyebaran covid-19.

    "Saya berpendapat seharusnya saat pelaksanaan PPKM para pelaku UKM bisa tetap beroperasi agar perekonomian warga tetap bergerak," katanya.

    Subiyanto mengatakan penutupan sejumlah ruas jalan yang terlalu ketat selama PPKM akan melemahkan roda perekonomian warga maupun pelaku UMKM karena produk yang mereka jual melalui daring menghasilkan pendapatan yang sedikit.

    "Kami mendapat informasi dari para pelaku UMKM menyebutkan bahwa selama PPKM, omzet mereka turun drastis. Oleh karena itu, kami mengusulkan aturan PPKM dapat dilonggarkan agar omzet mereka meningkat," katanya.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id