Populer Ekonomi: Jokowi Berencana Hentikan Ekspor CPO hingga Saham BCA Diperdagangkan dengan Harga Baru

    Desi Angriani - 14 Oktober 2021 09:21 WIB
    Populer Ekonomi: Jokowi Berencana Hentikan Ekspor CPO hingga Saham BCA Diperdagangkan dengan Harga Baru
    Ilustrasi petani mengumpulkan hasil panen kelapa sawit - - Foto: dok Kementan



    Jakarta: Berita populer ekonomi dalam dan luar negeri pada Rabu, 13 Oktober 2021, kembali menjadi perhatian para pembaca Medcom.id. Mayoritas yang menjadi sorotan masih berasal dari informasi dalam negeri.

    Berita tersebut antara lain; Presiden Joko Widodo berencana menghentikan ekspor crude palm oil (CPO) atau minyak kelapa sawit, dan implementasi pajak karbon RI sejajar dengan Inggris, Jepang dan Singapura.

     



    Masih ada berita lainnya yang juga masuk dalam daftar populer harian. Berikut rangkuman berita selengkapnya.

    1. Presiden Jokowi Berencana Hentikan Ekspor CPO

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana untuk menghentikan ekspor minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) agar komoditas tersebut dapat diolah menjadi produk turunan bernilai tambah.

    Indonesia harus memiliki keberanian untuk menghentikan ekspor bahan mentah, meskipun terdapat potensi gugatan hingga ke Organisasi Perdagangan Internasional (WTO).

    Baca selengkapnya di sini

    2. Implementasi Pajak Karbon, Indonesia Sejajar dengan Inggris, Jepang, dan Singapura

    Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menetapkan tonggak sejarah baru terkait dukungan pada perubahan iklim dunia. Pajak karbon yang lahir melalui Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP) ini menambah sederetan kebijakan fiskal yang digunakan sebagai instrumen pengendali perubahan iklim.

    Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu mengatakan Indonesia menjadi penggerak pertama pajak karbon di dunia terutama dari negara kekuatan ekonomi baru (emerging). Ia menyebut, hal ini menunjukkan komitmen Indonesia untuk mewujudkan ekonomi berkelanjutan.

    Baca selengkapnya di sini

    3. Sah! Saham BBCA Resmi Diperdagangkan dengan Harga Baru

    Setelah mendapatkan persetujuan jadwal stock split dari Bursa Efek Indonesia (BEI), saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) secara resmi diperdagangkan dengan harga baru pada hari ini, Rabu, 13 Oktober 2021.
     
    Aksi korporasi stock split ini sebelumnya telah disetujui dengan rasio 1:5 (satu saham dipecah menjadi lima saham baru). Nilai nominal per saham BBCA sebelum stock split adalah Rp62,5, sedangkan nilai nominal per saham BBCA setelah stock split menjadi sebesar Rp12,5.

    Baca selengkapnya di sini

    4. Ekonomi Hijau Kunci Terlepas dari Jebakan Negara Berpenghasilan Menengah

    Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan ekonomi hijau atau green economy merupakan salah satu game changer dalam transformasi pertumbuhan ekonomi yang diperlukan untuk keluar dari jebakan negara berpenghasilan menengah atau middle income trap.

    Baca selengkapnya di sini

    5. Sri Mulyani: Indonesia Berkomitmen untuk Transisi Energi Bersih

    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan Indonesia berkomitmen untuk memprioritaskan transisi energi bersih. Terdapat tiga hal yang dibutuhkan dalam mekanisme transisi energi yakni pertama, pembiayaan untuk penghentian lebih cepat operasional pembangkit tenaga listrik batu bara agar beralih ke sumber energi terbarukan.
     
    Baca selengkapnya di sini

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id