Pertamina Dukung UMKM Selama 7 Bulan Pandemi

    Annisa ayu artanti - 19 September 2020 20:02 WIB
    Pertamina Dukung UMKM Selama 7 Bulan Pandemi
    UMKM binaan Pertamina - - Foto: Medcom/ Suci Sedya Utami
    Jakarta: PT Pertamina (Persero) memberikan dukungan bagi sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) selama tujuh bulan pandemi covid-19 melanda Indonesia. Sebab, sebanyak 50 persen UMKM binaan perusahaan migas pelat merah ini mengalami penurunan pendapatan.

    "Sudah menjadi tugas pertamina untuk mendukung kelangsungan hidup usaha kecil ini. Jadi Pertamina menyerap produk binaan UMKM ini untuk diserap ke masyarakat," kata Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman dalam diskusi ruang energi, Sabtu, 19 September 2020.

    Fajriyah menuturkan dalam tiga bulan terakhir Pertamina telah menggelontorkan bantuan lebih dari Rp3 miliar kepada 176 UMKM mitra binaan Pertamina.

    Selain itu, Pertamina juga secara khusus membeli dan memakai 10 ribu produk binaan UMKM, seperti multivitamin, madu, sabun, hand sanitizer, disinfektan, dan masker untuk disalurkan kembali kepada masyarakat. Hal itu dilakukan sebagai upaya pencegahan covid-19.

    Selain itu, perusahaan BUMN ini juga melakukan pembinaan khusus kepada 6.518 mitra UMKM agar lebih adaptif melalui wabah covid-19.

    "Total bantuan sekitar Rp11,58 miliar termasuk dukungan di rumah BUMN," sebutnya.

    Ketulusan untuk membantu para UMKM itu tak ditampik Fajriyah sebagai konsen Pertamina saat ini. Sebab, UMKM merupakan tulang punggung ekonomi nasional. Sebanyak 60 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia  berasal dari UMKM. UMKM pun dianggap memiliki peran yang sangat vital bagi perekonomian.

    "UMKM ini adalah tulang punggung ekonomi nasional karena menyerap lebih dari 90 persen tenaga kerja di Indonesia dan menyerap 50 persen total investasi yang ada dan lebih dari 60 persen terhadap PDB nasional," tuturnya.

    Pada acara Primetime Metro TV, 14 September 2020 lalu, Dirut Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan, perusahaan migas pelat merah itu tidak hanya diamanatkan untuk menjaga kedaulatan energi nasional. Namun juga mengemban tugas menjaga perekonomian Indonesia dengan menghidupkan dan menjaga kelangsungan UMKM di segala kondisi.

    "Sebagai BUMN sesuai yang diamanatkan dalam UU BUMN, kita juga harus membantu membina UMKM," kata Nicke.

    Adapun, jumlah mitra UMKM binaan Pertamina hingga saat ini terus bertambah. Sepanjang 2020 ada tambahan 1.141 UMKM yang baru bergabung. Pertamina menargetkan hingga akhir tahun bisa menjaring 8.000 mitra binaan baru.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id