KAI Tambah Tujuh Kereta Jarak Jauh di Agustus

    Suci Sedya Utami - 03 Agustus 2020 17:52 WIB
    KAI Tambah Tujuh Kereta Jarak Jauh di Agustus
    Kereta Api. Foto : MI/Barry.
    Jakarta: PT KAI (Persero) kembali menambah perjalanan kereta api jarak jauh dan lokal secara bertahap di Agustus. Penambahan ini sejalan dengan adanya peningkatan pelanggan sebanyak 60 persen di Juli.

    VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan terdapat tujuh kereta api jarak jauh yang kembali dioperasikan oleh KAI pada akhir pekan dan tanggal tertentu di Agustus setelah sebelumnya dihentikan sementara operasionalnya.

    Tujuh kereta api tersebut adalah KA Harina (Bandung-Surabaya Pasar Turi pp), Senja Utama Solo (Solo Balapan-Pasar Senen), Mataram (Pasar Senen-Solo Balapan), Matarmaja (Pasar Senen-Malang pp), Pasundan (Bandung Kiaracondong-Surabaya Gubeng pp), Wijayakusuma (Cilacap-Ketapang pp), dan Sawunggalih (Pasar Senen-Kutoarjo pp).

    Dengan demikian, sampai dengan 2 Agustus 2020, terdapat kenaikan 14 persen pada rata-rata jumlah perjalanan kereta api per hari di Agustus 2020 yaitu sebanyak 178 kereta api per hari dibanding 155 kereta api per hari pada Juli 2020.

    "Kereta Api tersebut kami jalankan kembali setelah melihat minat masyarakat yang terus tumbuh untuk menggunakan transportasi kereta api,” ujar Joni dalam keterangan resmi, Senin, 3 Agustus 2020.

    Pada Juli KAI melayani 1.122.357 pelanggan, naik 60 persen dibanding dengan volume pelanggan pada Juni sebesar 699.309 pelanggan. Adapun rinciannya yaitu volume pelanggan kereta api jarak jauh pada Juli sebanyak 215.796 pelanggan, naik 224 persen dibanding Juni sebanyak 66.687 pelanggan dan volume pelanggan kereta api lokal pada Juli sebanyak 906.561 pelanggan, naik 43 persen dibanding Juni sebanyak 632.622 pelanggan.

    KAI menilai peningkatan tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti menghadirkan diskon tiket, undian berhadiah, libur hari raya Iduladha, penambahan jadwal perjalanan secara bertahap, dan hadirnya layanan rapid test covid-19 dengan harga terjangkau di stasiun.

    Layanan rapid test di stasiun hasil kerja sama KAI dan Rajawali Nusindo tersebut sangat diminati oleh calon pelanggan. Terbukti sampai dengan 2 Agustus, terdapat 7.340 calon pelanggan yang menggunakan layanan rapid test di 12 stasiun, atau rata-rata 1.048 peserta setiap harinya.

    Meski terjadi peningkatan perjalanan kereta api, KAI tetap berkomitmen menjalankan protokol kesehatan dengan ketat. Sehingga masyarakat dapat melakukan perjalanan menggunakan kereta api dengan aman, selamat, nyaman, dan sehat sampai di stasiun tujuan.

    Pelanggan yang naik kereta api diharuskan memakai masker, suhu tidak melebihi 37,3 derajat, dalam kondisi sehat (tidak demam, batuk, flu, dan sesak napas), serta mengimbau pelanggan untuk memakai pakaian lengan panjang.

    "Penambahan kereta api di Agustus ini kami harap dapat meningkatkan konektivitas dan mobilitas masyarakat dalam rangka pemulihan ekonomi nasional dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat," tutup Joni.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id