Pembahasan RUU Cipta Kerja Sudah 95%

    Eko Nordiansyah - 24 September 2020 12:25 WIB
    Pembahasan RUU Cipta Kerja Sudah 95%
    Ilustrasi Omnibus Law. Foto: Medcom.id
    Jakarta: Badan Legislasi (Baleg) DPR RI menyebut pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Cipta Kerja saat ini sudah mencapai 95 persen. Sejumlah pasal yang ada dari 10 klaster dalam RUU ini sudah disepakati di tingkat Panitia Kerja (Panja) Cipta Kerja.

    "Dari 10 pasal, sudah 95 persen disepakati di tingkat Panja. Ada beberapa materi-materi pending di beberapa sektor yang masih (dibahas)," kata Ketua Baleg DPR RI Supratman Andi Agtas dalam webinar ILUNI UI di Jakarta, Kamis, 24 September 2020.

    Ia menambahkan saat ini pembahasan mengenai beberapa pasal yang belum selesai akan dikebut. Oleh karena itu, ditargetkan pembahasan klaster ketenagakerjaan yang menjadi klaster terakhir bisa dibahas besok.

    "Hari ini akan kami selesaikan. Dan kita mudah-mudahan besok bisa masuk ke klaster terakhir, yakni Bab 4 tentang ketenagakerjaan," ungkapnya.

    Lebih lanjut, ia menjelaskan, kehadiran omnibus law ini sebagai cara agar peraturan yang ada bisa saling diharmonisasikan dan disinkronisasi. Terlebih selama ini masih ada tumpang tindih peraturan di Indonesia yang harus diselesaikan.

    "Omnibus yang dipakai satu-satunya cara bisa melakukan kegiatan harmonisasi dan sinkronisasi rancangan peraturan di Indonesia yang terlalu banyak tumpang tindih karena ego sektoral yang bermain. Ini menjadi satu metode bagus untuk menata hukum politik ke depan," pungkas dia.
     

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id