Harga Lelang Gula Petani Mulai Membaik

    Ilham wibowo - 15 Juli 2020 13:17 WIB
    Harga Lelang Gula Petani Mulai Membaik
    Ilustrasi harga gula - - Foto: MI/ Susanto
    Jakarta: Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) menyebut harga lelang gula petani di kalangan pabrik gula mulai membaik. Hal ini seiring dengan kesepakatan penyerapan dari perusahaan importir gula.

    "Hari ini lelang gula petani di Jateng dan Jatim laku Rp11.200 per kilogram (kg)," ujar Sekjen DPN APTRI M Nur Khabsyin melalui keterangan tertulisnya, Rabu, 15 Juli 2020.

    Pada akhir Juni 2020 harga lelang gula petani sempat menyentuh Rp10.300 per kg. Kini seluruh petani yang bernaung dalam APTRI berkomitmen untuk tidak menjual gulanya di bawah Rp11.200 per kg. Harga tersebut merupakan angka yang telah disepakati 12 perusahaan importir dan APTRI untuk membeli gula petani.

    "Kami juga meminta seluruh direksi pabrik gula baik BUMN maupun swasta di Indonesia tidak menjual gula di bawah Rp11.200 per kg," ujarnya.

    Khabsyin menambahkan kesepakatan itu ditandatangani pengurus DPN APTRI dan 12 perusahaan importir di Jakarta pada Jumat, 10 Juli 2020 lalu. Ia berharap harga gula terus membaik melalui kesepakatan tersebut.
     
    "Mekanisme pembelian gula oleh importir dibuat fleksibel dan sederhana," ungkap Khabsyin.

    Adapun perusahaan tersebut yakni PT Sugar Labinta, PT Dharmapala Usaha Sukses, PT Makassar Tene, PT Berkah Manis Makmur, PT Permata Dunia Sukses Utama, PT Sentra Usahatama Jaya, PT Medan Sugar Industry, PT Andalan Furnindo, PT Angels Products, PT Kebun Tebu Mas, PT Adikarya Gemilang, dan PT Priscolin.

    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id