50 Ribu Penumpang Pesawat Ikut Vaksinasi di Bandara AP II

    Suci Sedya Utami - 27 Juli 2021 13:17 WIB
    50 Ribu Penumpang Pesawat Ikut Vaksinasi di Bandara AP II
    Ilustrasi calon penumpang sedang antre di sentara vaksinasi bandara - - Foto: MI/ Hery Susetyo



    Jakarta: PT Angkasa Pura II (persero) mencatat 50 ribu calon penumpang telah menjalani vaksinasi covid-19 di bandara-bandara yang dikelolanya hingga kemarin.

    Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan pihaknya telah membuka sentra vaksinasi bagi calon penumpang di 18 bandara sejak 3 Juli 2021.

    "Kami bersyukur sentra vaksinasi di 18 bandara AP II mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak antara lain Kementerian Kesehatan, KKP Kemenkes, Pemprov, Pemda, maskapai, TNI/Polri dan pihak-pihak lainnya," ujar Awaluddin dalam keterangan resmi, Selasa, 27 Juli 2021.

     



    Di saat yang sama, AP II tengah fokus menerapkan validasi dokumen kesehatan penumpang pesawat secara digital sesuai Surat Edaran Menteri Kesehatan Nomor 847 Tahun 2021.

    Melalui penerapan SE tersebut, calon penumpang pesawat di bandara-bandara AP II cukup menunjukkan dokumen kesehatan digital miliknya (kartu vaksinasi dan surat keterangan tes covid-19) yang ada di aplikasi PeduliLindungi untuk kemudian dilakukan validasi di terminal oleh petugas KKP Kemenkes atau di konter check in oleh petugas maskapai, menggunakan pemindai barcode atau microsite.

    "Respons calon penumpang pesawat cukup baik, mereka sudah cukup familiar dengan aplikasi PeduliLindungi untuk memproses keberangkatan dari bandara AP II. Tercatat sekitar 4.000 orang calon penumpang yang menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk validasi dokumen kesehatan digital mereka sebagai bagian dari memproses keberangkatan,: tutur Awaluddin.


    Balitbangkes Kemenkes telah menerbitkan SE Nomor 4491/2021 tentang Pentingnya Pelaporan Hasil Pemeriksaan Laboratorium Covid-19 Dalam Aplikasi ALLRECORD-TC19 (NAR).

    Di dalam SE ini antara lain dicantumkan bahwa pelaporan hasil tes PCR untuk penerbangan oleh fasyankes atau laboratorium dilakukan melalui aplikasi allrecord-tc-19 (NAR) dan atau aplikasi lain yang telah terhubung dengan aplikasi allrecord-tc-19, paling lama dua jam setelah hasil pemeriksaan selesai diverifikasi.

    Calon penumpang yang telah divaksinasi akan mendapat kartu vaksin digital di aplikasi PeduliLindungi. Bagi yang melakukan tes PCR di fasyankes atau laboratorium yang terintegrasi dengan NAR Kemenkes juga akan mendapatkan hasil tes di aplikasi PeduliLindungi.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id