Freeport Indonesia Vaksinasi 38 Ribu Karyawan dan Keluarga

    Ade Hapsari Lestarini - 14 Juni 2021 19:01 WIB
    Freeport Indonesia Vaksinasi 38 Ribu Karyawan dan Keluarga
    Freeport melakukan vaksinasi mandiri ke karyawannya. Foto: dok Freeport.



    Jakarta: PT Freeport Indonesia (PTFI) mulai melaksanakan program vaksinasi covid-19 sebagai bentuk nyata dari komitmen perusahaan terhadap kesehatan dan keselamatan kerja karyawan beserta keluarganya. Secara keseluruhan, terdapat sekitar 38 ribu karyawan beserta keluarga yang terdaftar akan menerima suntikan vaksin.

    Vaksinasi ini dilakukan melalui program Vaksin Gotong Royong (VGR) dan melalui program kerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Mimika, dilakukan kepada karyawan dan keluarganya yang memenuhi syarat.

     



    Presiden Direktur PTFI Tony Wenas mengatakan vaksin covid-19 dilakukan secara bertahap berdasarkan pengadaan vaksin oleh Pemerintah melalui Bio Farma dan alokasi vaksin ke perusahaan.

    Pada tahap pertama program VGR, vaksin diberikan kepada 500 karyawan beserta keluarga di Kantor PTFI Jakarta yang dimulai pada 14 Juni 2021 dan akan diberikan kepada 5.855 karyawan PTFI di area kerja dengan menggunakan vaksin Sinopharm.

    Sedangkan untuk vaksinasi melalui program kerja sama dengan Pemda Mimika, PTFI telah menerima vaksin Sinovac yang mulai diberikan kepada 4.500 karyawan di area kerja sejak minggu kedua Juni 2021.

    Vaksin Sinopharm dan Sinovac telah lolos standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI), serta telah mendapatkan persetujuan penggunaanya dalam keadaan darurat dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

    "PTFI menyambut baik kerjasama vaksinasi dengan Pemda Mimika dan program Vaksinasi Gotong Royong yang dicanangkan Pemerintah dengan  didukung Kementerian BUMN dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia untuk mempercepat tercapainya kekebalan kolektif atau herd immunity. Prioritas PTFI adalah untuk melindungi kesehatan dan keselamatan karyawan, serta untuk menyediakan lingkungan kerja yang aman," ujar Tony Wenas, dalam keterangan resminya, Senin, 14 Juni 2021.

    Lebih lanjut, Tony menambahkan bahwa manajemen PTFI senantiasa memastikan pelaksanaan semua protokol kesehatan dan melakukan upaya berkelanjutan dalam memitigasi penyebaran covid-19 di semua area kerja.

    Sejak awal pandemi PTFI telah meningkatkan pelayanan medis perusahaan dengan memperluas jangkauan pemeriksaan agar dapat mengidentifikasi kasus positif secara lebih cepat dan melakukan tracing.

    Selain itu, PTFI juga membantu masyarakat dengan menggunakan mesin Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) dan laboratoriumnya untuk menganalisis sampel tes swab covid-19 dari rumah sakit di Mimika dan kabupaten sekitar Mimika di Papua.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id