comscore

Laporan EoDB Bank Dunia Dimanipulasi, Bahlil Yakin Iklim Investasi RI Sudah Lebih Baik

Eko Nordiansyah - 20 September 2021 11:09 WIB
Laporan EoDB Bank Dunia Dimanipulasi, Bahlil Yakin Iklim Investasi RI Sudah Lebih Baik
Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Jakarta: Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menilai, Indonesia tidak akan terpengaruh dengan adanya laporan yang menyebut bahwa Bank Dunia melakukan manipulasi data Ease of Doing Business (EODB). Apalagi menurut dia, iklim investasi di Indonesia sudah lebih baik.

"Saya punya keyakinan, saat ini negara-negara asing melihat Indonesia tidak seperti dulu," kata dia dalam video conference di Jakarta, Senin, 20 September 2021.
Ia menambahkan, pemerintah sudah berupaya memperbaiki proses perizinan berusaha dengan menerbitkan Undang-Undang Cipta Kerja. Selain itu, pemerintah juga menawarkan berbagai macam insentif untuk menarik investor agar mau menanamkan modalnya di dalam negeri.

"Hari ini dunia (melihat) dengan UU Cipta Kerja, Indonesia semakin kompetitif. Bagaimana mengurus izin, ataupun insentif, ataupun mindset pola pikir birokrasi sudah bagus ini, meski belum 100 persen bagus," ungkapnya.

Investigasi oleh firma hukum WilmerHale, atas permintaan Komite Etika Bank Dunia, sebelumnya menemukan bahwa para pemimpin Bank Dunia termasuk Kristalina Georgieva telah menerapkan tekanan yang tidak semestinya untuk meningkatkan skor Tiongkok dalam laporan Doing Business 2018.
 
Pada saat itu, pemberi pinjaman multilateral yang berbasis di Washington sedang mencari dukungan Tiongkok untuk peningkatan modal yang besar. Georgieva mengatakan dia tidak setuju secara mendasar dengan temuan dan interpretasi dari laporan tersebut, dan telah memberi pengarahan kepada Dewan Eksekutif IMF.
 
Para ekonom mengatakan laporan Bank Dunia atau lainnya berguna tetapi rentan dimanipulasi. Mereka mengatakan beberapa dari pemerintah, terutama di negara-negara pasar berkembang yang ingin menunjukkan kemajuan dan menarik investasi, terobsesi dalam laporan tersebut karena memaparkan kemudahan membayar pajak hingga hak hukum.

(DEV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id