Bangkitkan Ekonomi, Sandiaga Ajak Animator Rangkul Pengrajin Seni Lokal

    Medcom - 22 Januari 2021 17:07 WIB
    Bangkitkan Ekonomi, Sandiaga Ajak Animator Rangkul Pengrajin Seni Lokal
    Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Foto: Medcom.id/Eko Nordiansyah.



    Batam: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno kembali mengkolaborasikan pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif nasional.

    Kali ini, dirinya mengajak animator Infinite Studios untuk menggandeng pengrajin seni lokal agar dapat menciptakan karya seni orisinil sekaligus membuka lapangan pekerjaan. Hal tersebut disampaikan Sandi ketika mengunjungi Infinite Studios yang dilanjutkan dengan video conference di Nongsa Digital Park, Batam, Kepulauan Riau, Jumat, 21 Januari 2021.






    Video conference tersebut juga dihadiri Owner Citramas Group dan KS Energy Kris Wiluan, CEO of Infinite Studios Michael Wiluan, Executive Director Nongsha Digital Park Marco Bardelli, Dubes RI untuk Singapura Suryopratomo, Goverment Affairs PT Apple Indonesia, Group Director Apple Academy Mirza Natadisastra, Narra Dewa, dan Mahasiswa dan Mahasiswi Lulusan Apple Academy.

    Dalam kesempatan tersebut, Sandi menilai industri animasi yang diterapkan mulai dari film kartun hingga beragam genre film layar lebar merupakan peluang usaha ekonomi kreatif saat ini. Dia meyakini industri animasi merupakan sebuah investasi yang sangat potensial untuk membuka lapangan kerja, meningkatkan ekonomi kreatif serta menggerakkan ekonomi bangsa.

    Hal tersebut dibuktikannya lewat syuting film India yang dibintangi seorang aktor Indonesia keturunan India asal Medan. Begitu juga dengan sejumlah aktor asal Surabaya dan beberapa wilayah Indonesia yang hadir ke Batam dengan estimasi penyerapan tenaga kerja mencapai 400 orang.

    "Kita akan terus tingkatkan karena industri perfilman animasi, di bawah lingkup ekonomi kreatif dan kita harus berkolaborasi agar kemudahan-kemudahan dan insentif bagi industri ini bisa berkembang dan buka lapangan kerja seluas-luasnya," ungkap Sandi.

    Dalam kunjungannya, Sandi melihat adanya kluster inovasi dan kolaborasi antara digitalisasi dengan kearifan lokal. Oleh karena itu, dirinya mengajak para animator dan kreator film untuk melibatkan pengrajin seni lokal seperti Fariz Wibisono, seorang pemuda asal Wonogiri, Jawa Tengah yang membuat wayang dari kertas daluang.

    Lewat fasilitas dan kemudahan yang diberikan Kemenparekraf, Sandi berharap agar animasi nasional sekaligus kesenian lokal dapat menjadi jawara hingga mendunia.

    "Dalam memperkuat sektor parekraf kita harus memberikan fasilitasi dan kemudahan-kemudahan agar kita bisa cetak talenta baru, lapangan kerja baru. Saya ucapkan terima kasih sekali lagi, saya minta juga kerja sama-kerja sama dengan teman-teman lain agar bukan hanya dari kota-kota besar, tapi dari Wonogiri dapat kesempatan juga untuk di showcase kelestarian budaya budaya kita," tambahnya.

    Bersamaan dengan hal tersebut, Sandi menyampaikan agar seluruh pihak dapat bersemangat dalam berkarya. Sebab, lanjutnya, bukan hanya membanggakan, karya-karya indah buatan anak bangsa dapat kembali menghidupkan industri kreatif dan membuka lapangan kerja imbas pandemi virus korona.

    "Kita harus kerja keras, kita nggak punya banyak waktu, kita Geber (gerak bersama) dan juga kita harus Gaspol (garap semua potensi lapangan kerja) kita garap semua potensi untuk lapangan kerja dan selamatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, ayo kita Beber, Bergerak Bersama, seperti Wayang Beber Mas Fariz Wibisono," ungkap Sandi.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id