Gorontalo Miliki Potensi Bisnis Sarang Burung Walet

    Antara - 13 Oktober 2020 14:31 WIB
     Gorontalo Miliki Potensi Bisnis Sarang Burung Walet
    Sarang Burung Walet. Foto : Medcom/Nia.
    Gorontalo: Plt. Kepala Balai Karantina Pertanian Gorontalo Donni Muksydayan menyebut Provinsi Gorontalo memiliki potensi bisnis sarang burung walet (SBW).

    "Di Gorontalo ada kurang lebih 675 rumah walet yang tersebar di beberapa wilayah kabupaten," ujarnya di Gorontalo, dikutip dari Antara, Selasa, 13 Oktober 2020.

    Ia menjelaskan jika rumah walet di Gorontalo antara lain berada di Kabupaten Pohuwato sebanyak 200 rumah walet, Kabupaten Gorontalo Utara 50 rumah walet, Kabupaten Boalemo 100 rumah walet, Kabupaten Gorontalo 75 rumah walet, Kota Gorontalo 200 rumah walet dan Kabupaten Bone Bolango 50 rumah walet.

    Dari data sistem informasi perkarantinaan, terjadi peningkatan lalu lintas pengeluaran domestik sarang burung walet yang cukup signifikan sejak tiga tahun terakhir.

    "Pada 2018 tercatat sebanyak 2,2 ton, pada 2019 meningkat menjadi 3,9 ton dan hingga Agustus 2020 total volume yang telah disertifikasi melalui Karantina Pertanian Gorontalo telah mencapai 4,1 ton," ungkapnya.

    Donni mengungkapkan jika jumlah permintaan pemeriksaan karantina untuk sertifikasi pengiriman SBW dari Gorontalo ke beberapa daerah terus meningkat.

    Sementara itu, Ketua Perkumpulan Petani Sarang Walet Nusantara (PPSWN) Provinsi Gorontalo, Yanto Turede mengatakan rata-rata rumah walet dapat memproduksi 2 kg/bulan.

    "Maka jika ada 675 rumah walet di Gorontalo artinya setiap bulannya ada sekitar 1.350 kg produksi sarang burung walet asal Gorontalo. Bahkan ada rumah walet yang mampu memproduksi hingga 60 kg per bulan," tambahnya.

    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id