Mundur, PLTU Batang Mulai Beroperasi Akhir 2021

    Suci Sedya Utami - 21 Oktober 2020 07:40 WIB
    Mundur, PLTU Batang Mulai Beroperasi Akhir 2021
    Presiden Direktur PT Adaro Energy Tbk Garibaldi Thohir atau yang akrab disapa Boy Thohir. FOTO: dok MI/Fetry Wuryasti
    Jakarta: PT Adaro Energy Tbk menegaskan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Batang mulai beroperasi pada akhir 2021.

    Presiden Direktur Adaro Energy Garibaldi Thohir mengatakan keterlambatan tersebut dapat dimaklumi oleh PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero).

    "Di lain sisi, PLN merasa waktunya pas lah. Ini bukan default," kata pria yang akrab disapa Boy Thohir ini, dalam media briefing virtual, Selasa, 20 Oktober 2020.

    Kakak dari Menteri BUMN Erick Thohir ini mengatakan akan berupaya mengejar ketertinggalan progres pembangunannya. Harapannya target beroperasi di tahun depan bisa tercapai dan tidak ada kemunduran lagi.

    "Kita berharap tahun depan, apakah itu nanti di akhir tahun depan. Proyek Batang bisa berjalan. Secara teknis, partner Jepang berupaya menyelesaikan proyek ini juga kesepakatan dengan PLN juga. Target, akhir tahun depan bisa berjalan lah," ujar Garibaldi.

    Dalam laporan semester I-2020 manajemen Adaro kepada Bursa Efek Indonesia (BEI) disebutkan pada akhir Juni 2020 perkembangan konstruksi pembangkit listrik PT Bhimasena Power Indonesia (BPI) telah mencapai 94 persen.

    BPI merupakan perusahaan patungan (joint venture) yang didirikan oleh tiga perusahaan konsorsium Electric Power Development Co Ltd (J-Power), PT Adaro Power yang merupakan anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh Adaro Energy, dan Itochu Corporation (Itochu).

    Proyek ini memiliki kapasitas besar 2x1.000 MW. Proyek PLTU BPI memiliki nilai investasi sebesar USD4,2 miliar. BPI akan menyediakan listrik untuk PLN selama 25 tahun.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id