Erick Thohir: Pemanfaatan Energi Terbarukan Bisa Wujudkan Indonesia Emas 2045

    Suci Sedya Utami - 22 Oktober 2020 12:27 WIB
    Erick Thohir: Pemanfaatan Energi Terbarukan Bisa Wujudkan Indonesia Emas 2045
    Menteri BUMN Erick Thohir - - Foto: MI/ Susanto
    Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebut pemanfaatan potensi energi baru terbarukan (EBT) bisa mewujudkan tujuan Indonesia Emas 2045.

    Karenanya, Kementerian BUMN tengah melakukan transformasi di bidang ketahanan energi melalui sinergi revitalisasi dan pembangunan kilang minyak baru PT Pertamina (Persero) dengan kilang petrokimia. Kemudian mengimplementasikan transisi yang jelas dan terpadu untuk peralihan energi fosil ke EBT sesuai potensi cadangan dalam negeri.

    "Dapat kita lihat, transformasi ini juga telah terjadi, implementasi program B30 sudah berjalan, percepatan program gasifikasi batu bara untuk dijadikan metanol dan dimethyl ether (DME) sehingga bisa mengurangi impor LG yang sudah mencapai enam juta metrik," kata Erick dalam acara Tempo Energy Day, Kamis, 22 Oktober 2020.

    Di sektor kelistrikan, Kementerian BUMN mendorong pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung yang dikerjakan oleh PT PLN (Persero) dan Masdar yang merupakan perusahaan asal Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA). Pembangkit ini memiliki kapasitas 145 megawatt (MW) dan merupakan yang terbesar se-Asia Tenggara (ASEAN).

    Erick juga menugaskan BUMN di klaster energi seperti PLN, Pertamina, MIND ID, dan PT Bukit Asam (PTBA) untuk tetap berinvestasi demi energi masa depan yaitu dalam pengembangan mobil listrik berbasis baterai (electric vehicle battery). Ke depannya, perusahaan-perusahaan pelat merah itu akan masuk dalam bisnis hilir hingga hulu EV battery.

    "Kita harapkan Indonesia yang memiliki SDA dan sumber energi yang melimpah ini mampu memanfaatkan pemberian dari Allah SWT bagi kesejahteraan masyarakat demi mewujudkan Indonesia Emas 2045," jelas Erick.

    Meski demikian, target Indonesia Emas 2045 harus diwujudkan dengan memperhatikan faktor-faktor ketersediaan, keterjangkauan, keberlanjutan untuk memastikan daya saing Indonesia.  

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id