Kehadiran UU Cipta Kerja Diharapkan Bantu Upaya Pencegahan Korupsi

    Eko Nordiansyah - 13 April 2021 14:57 WIB
    Kehadiran UU Cipta Kerja Diharapkan Bantu Upaya Pencegahan Korupsi
    Ilustrasi pengesahan UU Cipta Kerja - - Foto: Medcom



    Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja memberikan kesempatan agar proses perizinan investasi bisa dilakukan secara transparan dan akuntabel. Langkah ini akan mendukung upaya pencegahan korupsi di pemerintahan.

    "Upaya pencegahan korupsi di lingkungan ini menjadi  penting, sebab praktek korupsi terbukti menghambat laju investasi, pertumbuhan ekonomi, dan pembukaan lap kerja," katanya dalam Peluncuran Aksi Pencegahan Korupsi Stratanas PK 2021-2022 secara virtual di Jakarta, Selasa, 13 April 2021.

    Ia menambahkan sejumlah kebijakan pemerintah telah fokus pada upaya pencegahan korupsi. Di antaranya kebijakan one map policy di lingkungan tata ruang yang bertujuan untuk menghindari terjadinya permasalahan sengketa lahan atau pembangunan tidak sesuai dengan tata ruang.






    "Sejak diluncurkan pada 2018, kebijakan satu peta menyediakan satu peta referensi geospasial menggunakan satu standar, satu basis data, satu geoportal dengan ketelitian yang sama peta skala 1:50 ribu. Jadi bisa memberikan kepastian yang terukur sebagai referensi pembangunan dan kebijakan," ungkapnya.

    Selain itu, pemerintah juga terus melakukan perbaikan perdagangan internasional dengan penyempurnaan tata kelola impor dan ekspor melalui sistem data base akurat dan akuntabel. Seluruh upaya perbaikan ini sejalan dengan kebijakan yang telah diatur ada dalam UU Cipta Kerja yang diterbitkan sejak tahun lalu.

    "UU Cipta Kerja diharapkan untuk meningkatkan transparansi sektor tata ruang, pertanahan, penyederhanaan izin di sektor berusaha, kepastian investasi, mudahkan UMKM untuk berusaha, peningkatan jaminan hukum bagi usaha dengan penerapan ultimum remedium yang berkaitan dengan sanksi," pungkas dia.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id