comscore

Larangan Ekspor CPO Bikin Harga Minyak Goreng di Dalam Negeri Turun

Eko Nordiansyah - 02 Juni 2022 13:27 WIB
Larangan Ekspor CPO Bikin Harga Minyak Goreng di Dalam Negeri Turun
Ilustrasi. FOTO: AFP
Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut kebijakan larangan ekspor Crude Palm Oil (CPO) dan turunannya memberikan dampak pada menurunnya harga minyak goreng di dalam negeri. Bahkan minyak goreng memberi andil deflasi 0,01 persen pada Mei 2022.

Selain deflasi pada harga minyak goreng, Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan, larangan ekspor CPO juga menyebabkan kelapa sawit memberikan andil deflasi ke sektor pertanian sebesar 0,21 persen. "Jadi kebijakan pemerintah kemarin melarang ekspor CPO itu terbukti bahwa di Mei ini minyak goreng itu mengalami deflasi," kata dia, dalam video conference, Kamis, 2 Juni 2022.
Di saat yang sama, Margo menyebut, kenaikan harga komoditas bahan makanan dan energi di pasar global justru membuat kenaikan harga di dalam negeri. Hal ini bisa dilihat dari mulai meningkatnya harga tepung terigu dan kedelai di Indonesia.

"Andil inflasi di tepung terigu pada Mei ini meskipun belum tinggi, harganya sudah mulai terasa, tapi andil inflasinya belum terlalu tinggi dengan andil sebesar 0,0008 persen dan tempe juga memberikan andil 0,052 persen," ungkapnya.

BPS sebelumnya mencatat inflasi pada Mei sebesar 0,40 persen secara month to month (mtm). Sedangkan inflasi tahun kalender 2022 atau year to date (ytd) sebesar 2,56 persen dan inflasi tahun ke tahun atau year on year (yoy) sebesar 3,55 persen.

"Jadi transmisi (kenaikan harga pangan dan energi global) ke domestiknya sudah mulai terasa tapi andilnya kepada inflasi belum terlalu tinggi. Namun demikian ini perlu diwaspadai kalau harga internasional terus meningkat terutama untuk bahan pangan," pungkas dia.

(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id